Intip 10 Jurus Kembali Temukan Tujuan Karier Anda

Rekanbola – Selama bertahun-tahun bekerja, mungkin Anda masih merasa buntu dan hilang arah. Karier yang dijalani sekarang mungkin tak membuat Anda nyaman dan puas.

Anda pun masih mencoba untuk mencari tahu apa yang diinginkan.Oleh karena itu, ada sebaiknya langkah-langkah positif yang perlu dilakukan. Coba Anda ambil cuti dan membuat rencana.

Berikut sejumlah hal yang dapat membantu Anda untuk mengarahkan arah yang tepat dari karier selama ini di jalani, seperti dikutip dari laman wisebread.

1.Cari peningkatan diri di kantor

Sebelum Anda meninggalkan pekerjaan Anda saat ini, jelajahi setiap keuntungan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Jika kantor membayar pendidikan, ambil kelas. Jika kantor memiliki program bimbingan dan pelatihan, daftar kelas tersebut.

Baca juga : Rahasia Poniman, penjual aksesoris motor dengan pelanggan dari Sabang sampai Merauke

Manfaatkan setiap sumber daya yang diinginkan ketika Anda masih memilikinya. Akan tetapi, jangan kendor untuk mencari pekerjaan baru.

2. Jangkau jaringan Anda

Lingkungan sekitar, teman kuliah dan jaringan Anda lainnya dapat membantu Anda untuk menemukan pekerjaan yang Anda senangi. Kemungkinan pekerjaan yang mereka geluti berbeda dengan Anda. Jadi coba tanyakan kepada relasi dan kolega Anda mengenai tempat kerja, pekerjaan yang digeluti dan tugas yang mereka sukai.

Lewat keterangan dari mereka, Anda mungkin bisa membayangkan saat bekerja di kantor mereka. Atau kalau bisa coba tawarkan untuk memberi Anda dapat berkunjung ke kantor mereka.

3.Menilai diri Anda sendiri

Ikuti tes bakat karier. Ini dapat membantu Anda mengidentifikasi apa keterampilan dan kelebihan Anda. Lewat hasil tes tersebut, mungkin Anda bisa mengetahui keahliaan yang dimiliki. Anda bahkan dapat belajar tentang karier yang tidak diketahui.

Baca Juga:   PNS Terlibat Korupsi Masih Digaji, Negara Rugi Rp 2 M per Bulan

4.Coba menjadi sukarelawan

Untuk alasan yang jelas, menjadi sukarelawan jauh lebih mudah ketimbang menjadi karyawan. Dengan menjadi sukalarewan dapat menjadi kesempatan yang baik untuk mencoba peran baru dan mengungkap hal yang tidak Anda ketahui.

Cari tahu apakah perusahaan Anda juga menawarkan pekerjaan menjadi sukarelawan. Bisa dilakukan pada akhir pekan atau usai jam kantor.

5.Buat daftar apa yang Anda sukai

Jika Anda sudah mencoba beberapa langkah pertama untuk membuat daftar yang Anda sukai. Anda memiliki kesempatan untuk menjelajahi minat Anda. Coba merenung dan berinteraksi dengan diri Anda.

Buat pertanyaan bagi Anda, apakah menolong anak-anak menjadi hal penting bagi Anda? Apakah Anda lebih menyukai untuk menggunakan keterampilan organisasi Anda?Usai memiliki daftar pendek apa yang paling Anda sukai dan inginkan, kemudian pasang di tempat yang Anda lihat setiap hari.

6.Cari peluang untuk mengejar gairah dalam pekerjaan Anda

Saat menekuni pekerjaan yang dijalan sekarang, Anda bisa menemukan hal-hal baru yang menjadi gairah bagi Anda. Atau coba Anda menjalani kegiatan yang disenangi sambil menekuni pekerjaan biasa Anda.

Siapa tahu Anda dapat kesempatan untuk menjalani kegiatan yang disenangi dengan serius, atau bahkan bisa jadi pekerjaan sampingan.

7. Ingat Anda lebih dari pekerjaan Anda

Pertimbangkan setiap tujuan dan hasil positif yang telah Anda sumbangkan di tempat kerja dan bagaimana Anda membantu mencapainya. Ingatlah selalu kesuksesan tersebut. Kemudian lihat kemampuan apa yang dapat Anda bawa dalam pekerjaan berikutnya.

8. Kembali ke sekolah

Sebelum Anda identifikasi tujuan karier baru Anda, coba ambil kelas untuk membantu menjelajahi minat dan keterampilan Anda. Usai identifikasi tujuan karier, ambil kelas sesuai dengan keahliaan dan minat Anda. Kelas tersebut bisa melanjutkan kuliah dan mengikuti pelatihan professional.

Baca Juga:   Sagna Sebut Pemain Arsenal Lebih Kerja Keras Sejak Dilatih Emery

9. Letakkan dasar untuk perubahan

Mencari tahu apa yang menjadi gairah Anda dan bagaimana menggunakan bisa memakan waktu. Selama waktu itu, bekerjalah tekun sambil persiapkan untuk lompatan berikutnya yang akan Anda ambil.

Sisihkan sejumlah uang setiapminggu untuk dana darurat bila akhirnyaharus berhenti dari pekerjaan dan Anda belum menemukan yang baru.

10. Investasi pada Diri Sendiri

Sisihkan tiga persen dari pendapatan untuk pengembangan diri Anda. Hadiri seminar, membaca buku soal karier, ikuti kursus. Hal itu agar dapat membantu Anda mengasah dan menemukan tujuan dan menjangkau karier tersebut.

 

 

(Sumber : Liputan6.com)