Jeblok di Latihan Bebas II, Rossi Bermasalah dengan Ban Depan

REKANBOLA – Usai memuncaki latihan bebas pertama, Valentino Rossi anjlok di sesi kedua. Pebalap Monster Yamaha itu kini terancam masuk otomatis ke Q2 MotoGP Qatar.

Rossi mencatatkan waktu 1 menit 55,048 detik di latihan bebas pertama yang berlangsung di Losail, Jumat (8/3/2019). Di latihan kedua, waktu Rossi lebih baik namun tak cukup untuk menempatkannya di barisan depan.

Dengan 1 menit 55,053 detik, Rossi tercecer di posisi ke-17 dengan selisih 1,6 detik dari Marc Marquez, yang menjadi pebalap tercepat. Seperti diketahui, Marquez juga menciptakan rekor putaran dengan catatan waktunya 1 menit 53,380 detik.

Ini artinya, Rossi mesti bisa finis di 10 besar pada latihan bebas ketiga yang akan digelar malam ini (9/3). Kalau tidak, Rossi tidak akan bisa ke Q2.

“Ini adalah sebuah hari yang aneh karena kupikir kami tidak terlalu buruk di pagi ini tapi kami tidak seburuk siang ini,” Rossi mengungkapkan dilansir Crash. “Siang ini kami tidak banyak memodifikasi motor tapi aku memiliki banyak masalah dengan ban-ban depan karena kami tidak seimbang dan aku sangat menderita. Aku lambat.”

“Pada akhirnya, lintasannya punya daya cengkeram yang tinggi jadi pebalap-pebalap terdepan melaju lebih baik dan ada rekor waktu putaran jadi itu sangat kencang. Tapi sayang sekali tadi adalah latihan yang sulit untukku.”

“Masalah yang lebih besar adalah aku keluar dari Q1 untuk kualifikasi dan besok di FP3 mungkin kondisinya akan sulit untuk diperbaiki di waktu putaran ini jadi akan sulit untuk masuk ke Q2. Kami harus cari cara untuk bisa lebih kencang,” lanjut dia.

“Dengan 18 pebalap di satu detik seperti di MotoGP, kalau Anda tidak memaksa sampai batas maksimal maka akan sangat mudah untuk keluar dari jajaran 15 besar. Kami harus mencari sebauh cara untuk meningkat pada besok dan untuk memiliki sebuah kecepatan yang bagus,” cetus Rossi.

Baca Juga:   Pameran Otomotif di Surabaya Digelar November, Janjikan Pengalaman Baru