Jokowi: Jangan Konsentrasi ke Padi, Harus Ada Komoditas Lain

Rekanbola – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman tak hanya fokus pada produksi padi. Jokowi meminta Amran memperhatikan komoditas lainnya.

“Saya sudah sampaikan kepada Mentan, kita jangan konsentrasi kepada padi. Ada komoditas lain yang memiliki nilai tambah lain juga harus kita kembangkan.

Misalnya kopi. Siapkan bibit yang baik untuk ditanam Kopi karena permintaan kopi di Indonesia 20an persen, dunia juga mirip-mirip angkanya seperti itu,” ujar Jokowi saat membuka Asian Agriculture & Food Forum (ASAFF) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (28/6/2018).

Komoditas lain bisa berupa kopi yang dinilai Jokowi termasuk tinggi angka permintaannya, namun jangan juga setiap petani langsung ramai-ramai menanam kopi.

“Ini kesempatan untuk kita karena permintaan naik. Kalau permintaan naik maka harga pasti juga baik. Tapi juga jangan ramai-ramai semua menanam kopi, nanti harga jatuh bareng-bareng. Kita senangnya kan seperti itu,” ujar Jokowi.

Alternatif komoditas lainnya bisa berupa rempah-rempah, sebab rempah-rempah merupakan primadona Indonesia saat zaman kolonial yang kini mulai pudar.

“Tanam juga rempah-rempah. Dulu kita dijajah karena terkenal rempah-rempah kita. VOC dulu ke sini Karaea itu. Tapi sekarang itu sudah lama kita lupakan.

Tahun lalu saya minta ke Mentan untuk ini dikembalikan lagi. Sebagai negara rempah-rempah Indonesia ini. Entah di Maluku, Maluku Utara, atau daerah lain. Jangan lupakan itu. Jangan kehilangan konsentrasi kita,” terang Jokowi.

 

 

(Sumber : detik.com )

Baca Juga:   Investasi Masuk Batam Sudah Rp 691 M dalam Dua Bulan