Jokowi-Ma’ruf Amin Resmi jadi Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024

REKANBOLA –  Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden untuk periode 2019-2024.

Keduanya dilantik dan diambil sumpah di Gedung DPR/MPR RI Minggu, 20 Oktober 2019 pukul 16.04 WIB, atau telat 1 jam 34 menit dari yang dijadwalkan.

Proses pelantikan ini berjalan selama satu jam. Berikut isi sumpah yang diucapkan Jokowi-Ma’ruf Amin:

Bismillahirahmanirrahim. Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban sebagai presiden/wakil presiden dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan semua undang-undang dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ujar Jokowi dan Ma’ruf Amin membacakan sebuah kertas secara bergantian.

Setelah itu, Jokowi-Ma’ruf Amin menandatangani berita acara dan resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI untuk periode 2019-2024, yang disaksikan oleh seluruh pimpinan MPR.

Sebelumnya, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo membacakan keputusan Komisi Pemilihan Umum saat pelantikan Presiden-Wakil Presiden Republik Indonesia 2019-2024. Petikan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia No.1185/PL.01/9-K/06/KPU/VI/2019 tentang penempatan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih dalam pemilihan umum 2019.

“Menetapkan calon presiden dan wakil presiden dalam pemilu presiden dan wakil presiden tahun 2019 nomor urut satu, Insinyur H. Jokowi Widodo dan Prof. DR. HC. Kiai H. Ma’ruf Amin dengan perolehan suara dengan persentase 55,50 persen dari total suara nasional. Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan,” ujar Bambang Soesatyo.

Pelantikan dihadiri oleh seluruh anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), yang juga terdiri dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Istimewanya lagi, pelantikan Jokowi-Ma’aruf Amin juga dihadiri oleh para pemimpin dan utusan dari sedikitnya 17 negara sahabat. Ada yang dari Australia, Singapura, China, negara-negara Afrika dan Timur Tengah, hingga Amerika Serikat.

Baca Juga:   Sandi Sengaja Berlatih dan Minum Jamu Sebelum Duel Lawan Menteri Susi

Sebelumnya, berdasarkan susunan acara yang diterima, sebelum Jokowi dan Ma’ruf Amin hadir di ruangan rapat paripurna  I – tempat keduanya dilantik – seluruh anggota MPR dan tamu undangan lainnya masuk pada pukul 13.00 WIB.

Kemudian berlanjut dengan kehadiran tamu-tamu kehormatan dari negara-negara sahabat dan kehadiran mantan presiden dan wakil presiden.

Pada pukul 14.02 WIB, Wakil Presiden terpilih, Ma’ruf Amin dijadwalkan tiba diikuti Jusuf Kalla yang merupakan Wakil Presiden periode 2014-2019.

Adapun Presiden Jokowi dijadwalkan masuk ke ruang pelantikan atau dikenal dengan nama beken Gedung Kura-Kura pada pukul 14.10 WIB.

Kehadiran Jokowi dan Ma’ruf Amin bersama dengan 10 pimpinan MPR yang merupakan tuan rumah sekaligus penyelenggara acara inagurasi pelantikan. Barulah pada pukul 14.30 WIB, semua undangan termasuk Presiden dan Wakil Presiden terpilih berada dalam satu ruangan.