Jurus Ridwan Kamil Lawan Dominasi Anak Pada Dunia Digital

Rekanbola – Ketergantungan anak terhadap dunia digital menghilangkan kebiasaan mereka dengan interaksi sosial. Bahkan kini anak cenderung memilih untuk bermain sendiri di rumah dibanding dengan temannya di luar.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memilik jurus untuk mengembalikan dunia anak pada era digital ini agar tetap bisa bersosialisasi dengan baik.

“Kita sedang berupaya melawan dominasi digital yang memang sering kali menjauhkan anak pada nilai-nilai sosial dari sisi kemanusiaannya,” ujar pria yang akrab disapa Emil itu, Senin (23/7/2018).

Salah satunya, kata Emil, Pemkot Bandung sudah membuat kaulinan budak (permainan anak) berkonsep taman bermain tradisional. Dengan cara seperti itu maka anak akan senang bermain dan berinteraksi dengan sebayanya.

“Maka permainan anak yang jumlahnya ratusan di Jabar bisa kita perkenalkan dengan cara kekinian melawan dominasi masifnya digital pada anak,” kata dia.

Pria yang sedang menunggu waktu pelantikan sebagai Gubernur Jabar ini juga akan mengadopsi segala sesuatu yang baik di Kota Bandung terutama soal anak.

Menurut Emil, Kota Bandung sudah sangat berupaya untuk membuktikan menjadi kota paling menyenangkan dari sisi pendidikan, hak politik, area bermain, kesehatan hingga perlindungan anak.

“Makanya Bandung sekarang mendapat penghargaan kota layak anak yang kesekian kalinya.

Dan sebagai gubernur saya akan meng-copy yang baik di Bandung dan Depok, karena Depok biasa langganan juga (penghargaan), untuk kita terapkan di Jabar,” ujar pria berkacamata itu.

 

( Sumber : detik.com )