Kapolri: Setiap Dinamika Papua Selalu Menyentuh Hati

REKANBOLA

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengaku kaget dengan rusuh yang terjadi di sejumlah wilayah di Papua. Tito mengungkap dinamika yang ada di Papua selalu menyentuh hati.

“Papua bagi saya pribadi bukan sesuatu yang asing, hati saya sudah melekat di Papua, sudah telanjur cinta pada Papua, baik alamnya, orangnya, budayanya, dan segala yang ada di sini,” kata Tito saat sambutan di hotel Swiss-bell, Jayapura, Papua, Kamis (5/9/2019).

Tito mengatakan setiap dinamika yang terjadi di Papua selalu menyentuh di hati. Bahkan, menurutnya, Papua sudah seperti kampung halamannya.

“Setiap ada dinamika (di Papua) selalu menyentuh di hati. Kalau kembali ke Papua kangen ke Papua dan serasa saya pulang kampung ke Papua,” ucapnya.

Tito yang juga mantan Kapolda Papua mengaku kaget dengan yang terjadi di Papua. Bahkan Tito mengungkapkan Jayapura tidak pernah terjadi rusuh.

“Beberapa waktu lalu kita agak tersentak dengan peristiwa yang terjadi, di Malang, Surabaya, Sorong, Manokwari, Deiyai, terakhir di Jayapura. Setau saya Jayapura tidak seperti yang terjadi kemarin,” ungkap Tito.

Sebelumnya, Gubernur Papua, tokoh masyarakat, hingga tokoh etnis bertemu untuk bersepakat menjaga persatuan di Papua. Mereka juga turut mengucapkan dan menandatangani deklarasi perdamaian Papua.

Baca Juga:   Wamena dan Pembantaian Warga Pendatang/Bukan Orang Asli Papua