REKANBOLA – Federasi Sepak Bola Spanyol, RFEF, menjatuhkan denda 300 euro alias Rp4,6 juta saja pada Barcelona terkait kasus transfer Antoine Griezmann dari Atletico Madrid.

Griezmann pindah ke Barcelona musim panas 2019 kemarin, tepatnya pada 12 Juli. Ia bisa pindah setelah klausul transfernya yang bernilai 120 juta euro diaktifkan.

Namun transfer itu digugat oleh pihak Atletico. Mereka mengklaim Barcelona harusnya menebus Griezmann sebesar 200 juta euro, jumlah yang tertera di klausul rilis awal.

Atletico menuding bahwa sebenarnya Barca dan Griezmann sudah mencapai kesepakatan sebelum 1 Juli 2019. Selepas tanggal itu, klausul rilisnya turun dari 200 ke 120 juta euro.

Atletico yang meradang kemudian berusaha mengambil langkah hukum. Pihak RFEF pun turun tangan menyelidiki masalah itu.

Keputusan RFEF

Hari Kamis (26/09/2019) ini, pihak RFEF sudah mengambil keputusan. Mereka memutuskan bahwa Barca akan didenda karena dianggap sudah melanggar peraturan dalam transfer tersebut.

Namun jumlah dendanya sangatlah kecil. Blaugrana cuma dikenai denda 300 euro.

Sebelumnya sampat ada kabar bahwa Barca bisa saja disanksi menjalani laga tanpa penonton. Pihak RFEF kemudian menjelaskan apa alasan menjatuhkan denda yang jumlahnya kecil itu.

“Jelas bahwa jumlah sanksi ekonomi tidak sebanding dengan pentingnya fakta yang memunculkan kasus ini.”

“Dengan mempertimbangkan kapasitas ekonomi klub dan jumlah operasi ekonomi, komite ini menyadari bahwa pembayaran 300 euro, di luar sifat simbolisnya (denda dikenakan karena klub yang dikeluarkan telah dianggap sebagai penulis sebuah pelanggaran disiplin), tidak akan berkontribusi pada klub yang terkena sanksi khususnya dan, mungkin, klub lain yang mungkin berada dalam situasi yang sama di masa depan, menyesuaikan perilaku mereka dengan apa yang diatur oleh peraturan.”

Baca Juga:   Ronaldo Datang, Higuain Bisa Hengkang ke Milan

“Namun, ini bukan alasan yang cukup bagi komite ini untuk memilih pengenaan sanksi – penutupan stadion oleh sebuah pihak – yang, sebagaimana dinyatakan, tampaknya dimaksudkan untuk pelanggaran yang bersifat lain.” Demikian bunyi pernyataan RFEF.

Performa Griezmann

Griezmann sendiri sebelumnya juga disebut bisa ikut mendapat sanksi. Namun ternyata pihak RFEF tak memberikan hukuman apa pun kepadanya.

Sebelumnya Griezmann disebut bisa dihukum larangan bermain di antara dua pertandingan sampai dua bulan. Ini tergantung pada keputusan komisi.

Pemain asal Prancis ini pun bisa bermain dengan lancar bagi Barcelona. Sejauh ini, Griezmann sudah bermain sebanyak tujuh kali bagi Blaugrana di semua ajang kompetisi, dan mencetak tiga gol plus dua assist.