Kata-Kata Penyesalan Terdalam

REKANBOLA  —  Untuk Pertama Kalinya Aku Mulai Merasakan Penyesalan, Perasaan Dimana Aku Berada Di antara Kasihan Pada Diri Sendiri Dan Membenci Diriku Sendiri, Tentang Seluruh Hidupku.

1. Menyesal Membuang Waktu

Kata-kata penyesalan terdalam yang pertama dibahas di artikel ini adalah kutipan dari Mitch Albom. Mitch Albom menuturkan tentang waktu yang pernah kita buang percuma sepanjang hidup kita, yaitu berpikir bahwa kita sendirian.

Maksud dari perkataan tersebut kurang lebih adalah, sebagai manusia kita mungkin pernah meratapi kesalahan. Terlalu lama meratap, merasa kita sendiri yang pernah berbuat salah sedangkan orang lain tidak, hal itulah yang justru membuang waktu yang seharusnya bisa kita gunakan untuk memperbaiki keadaan.

2. Penyesalan Tak Berguna

Penyesalan terkadang tidak ada gunanya. Toh, semua itu sudah berlalu dan tidak dapat kembali lagi. Tetapi bukan berarti tidak bisa diperbaiki.

Kutipan dari Gabrielle Zevin menjelaskan, tidak ada gunanya merasa menyesal lalu mengabaikan kesalahan dan malah mengasihani diri sendiri. Kita harus segera memperbaiki keadaan karena menyesali kesalahan saja tidak cukup.

3. Seumur Hidup Menyesal

Semua orang mungkin pernah mengalami seperti yang dialami Julian Barnes. Adakalanya manusia merasa menyesal dengan hidupnya selama ini. Menyesali banyak hal yang pernah dilakukan di masa lalu, misalnya.

Lantas karena penyesalan tersebut, seseorang menjadi bimbang apakah harus kasihan atau membenci diri sendiri karena melakukan kesalahan. Jika kamu merasakan itu juga, ada baiknya untuk segera meminta maaf pada orang yang mungkin kamu sakiti dan memaafkan dirimu sendiri yang pernah menyakiti seseorang itu.

4. Menjadi Orang Lain

Terlalu mendengarkan omongan orang lain tidak berdampak baik pada dirimu. Kamu tidak perlu menjadi pribadi yang diinginkan orang lain lalu mengabaikan jati dirimu sebenarnya. Kelak kamu akan menyesal melakukannya.

Baca Juga:   10 Gaya Adeline, istri perenang Glenn Victor yang cantik alami

Abaikan saja keinginan orang lain yang belum tentu akan baik bagimu. Cukup jadi diri sendiri dan bertanggung jawab atas pilihan hidup yang kamu ambil adalah yang terbaik.

5. Terukir di Keningku

Penyesalan mendalam berikutnya adalah seperti yang diungkapkan oleh Vann Chow di atas. Saking dalamnya rasa penyesalan, Vann Chow sampai merasa kata-kata penyesalan diri sendiri terukir jelas di keningnya. Apakah kamu pernah merasakannya?

Jika pernah, jangan berlarut-larut merasakan penyesalan diri atas kesalahan atau kejadian apa pun yang kamu alami dalam hidup. Ambil hikmahnya, perbaiki kesalahan jika masih bisa diperbaiki dan berusaha agar di masa depan kamu tidak melakukan hal yang sama.