Kebakaran Gunung Slamet Belum Padam, Jumlah Relawan Pemadam Ditambah

REKANBOLA – Kebakaran di lereng Gunung Slamet belum juga padam. Jumlah personel gabungan yang diterjunkan ke lokasi kebakaran telah ditambah.

“Ada bantuan tambahan dari Polisi, TNI, BPBD, pencinta alam, ormas, PMI, dan lainnya, baik dari Brebes maupun Tegal. Semua dikerahkan untuk menjinakkan api agar tidak meluas ke lokasi lain,” ujar Wakil Administratur Perhutani KPH Pekalongan Barat Hartanto kepada wartawan di Posko Sawangan Tegal, Kamis (19/9/2019).

Dengan bantuan tambahan personel itu, upaya pemadaman dibagi menjadi tiga kelompok. Di wilayah Tegal, mulai Jalur Permadi wilayah Guci, melakukan pemadaman dari jalur bawah. Kemudian dari Pos Sawangan, personel gabungan bekerja mulai dari jalur atas. Sedangkan personel dari Pos Kaliwadas diterjunkan untuk memeriksa kembali di lokasi kebakaran yang sempat dinyatakan padam pada Rabu (18/9).

Hartanto menjelaskan titik api yang mengarah ke Petak 48 masuk RPH Guci wilayah Tegal masih berkobar dan belum bisa dipadamkan.

“Kita akan berusaha keras agar api tidak meluas. Karena kawasan hutan lindung di Gunung Slamet ini mencapai 900 hektare, jadi kami khawatir api merembet makin luas,” kata Hartanto.

Pantauan dari Posko Kaliwadas, Brebes, dan Sawangan, Kabupaten Tegal, tampak kepulan asap menyelimuti lereng gunung aktif ini. Bahkan tampak kobaran api sudah merembet ke lokasi lain karena sulit dipadamkan.

Baca Juga:   Bahas Posisi Ketum Usai Putusan MK, OSO Kumpulkan Elite Hanura