Kelebihan dan Kekurangan Motor Harian Pakai Busi Racing

Rekanbola – Banyak cara dilakukan pemilik motor untuk meningkatkan performa kendaraan. Mulai dari mengganti saringan udara hingga memasang busi racing.

Karena memiliki percikan api yang lebih besar, penggunaan busi racing dianggap dapat meningkatkan performa mesin. Lalu apa dampak penggunaan busi racing pada motor harian, dan apa kelebihan serta kekurangannya?

Menanggapi pertanyaan itu, Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM), distributor sepeda motor Honda Jawa Barat, Ade Rohman menegaskan, motor yang menggunakan busi racing belum tentu mendapatkan perubahan dari sisi performa.

Meski demikian, busi racing memiliki kelebihan. Yakni usia yang lebih panjang dibandingkan menggunakan busi biasa.

“Motor biasa atau standar ketika menggunakan busi racing sebetulnya tidak banyak memberikan perubahan performa. Itu kekurangannya, karena banyak yang salah kaprah. Kelebihannya waktu penggunaan akan lebih lama dari busi biasa karena bahannya biasanya terbuat dari iridium,” kata Ade saat dihubungi.

Hal itu tidak terlepas dari umur busi biasa, yang hanya mampu bertahan sekitar 8 ribu kilometer. “Standar busi biasa 8 ribu kilometer harus sudah ganti, sedangkan racing iridium bisa di atasnya baru ganti,” ujar Ade.

Saat disinggung efek negatif yang mungkin akan ditimbulkan pada mesin, Ade menegaskan busi racing tetap aman digunakan untuk motor harian. “Enggak ada sih untuk motornya. Efeknya buat pengendara paling mahal,” kata Ade.

 

Baca Juga:   Mau Beli Motor Bekas Usai Masa Mudik, Perhatikan 10 Tipsnya