Kenali 2 Jenis Glaukoma Beserta Gejala yang Ditunjukkannya

REKANBOLA – Sebagai salah satu penyebab kebutaan, glaukoma sebenarnya terbagi menjadi dua jenis. Penyakit ini sendiri cukup berbahaya karena berbeda dengan katarak, glaukoma tak bisa disembuhkan.

Glaukoma sendiri ada dua jenis; primer dan sekunder. Yang membedakan antara keduanya adalah penyebab dari masalah mata tersebut.

Pada jenis yang primer, penyebabnya tidak diketahui. Namun diduga, faktor genetik memiliki peran di dalamnya. Sementara, glaukoma sekunder memiliki penyebab yang jelas. Entah karena efek samping obat atau akibat trauma dan penyakit lainnya.

Staf pengajar divisi pelayanan glaukoma di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Departemen Ilmu Kesehatan Mata Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Kirana, Dr Astrianda Suryono, mengatakan, secara global glaukoma primer adalah yang paling banyak dialami orang-orang. Dari jenis tersebut, ada dua tipe glaukoma yaitu sudut tertutup dan sudut terbuka.

Tria mengatakan, glaukoma sudut terbuka bisa menyebabkan kejadian yang kronis dan tanpa gejala. Sehingga, pasien bisa buta secara tiba-tiba.

“Karena dia berjalannya kronis, tanpa gejala, dan pasien tidak merasakan apa-apa tiba-tiba pasien buta. Padahal perjalanannya kronis dan perlahan-lahan,” kata Tria.

Tria mengatakan, dalam glaukoma sudut terbuka, penglihatan hilang biasanya hilang dari pinggir. Penglihatan bagian tengah biasanya akan hilang di tahap akhir dari glaukoma jenis ini.

Baca Juga:   Refleksi Imlek PKB, Cak Imin Bicara Sosok Gus Dur