Keyakinan Politikus Ayu pada Komitmen PDIP bagi Perempuan

Rekanbola – Kader muda PDI Perjuangan Putri Ayu Anisa meyakini partai tempatnya bernaung sebagai politikus memiliki komitmen besar dalam memperjuangkan kaum perempuan. Menurutnya, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu memberi kesempatan luas kepada kaum perempuan untuk berkiprah sebagai politikus.

Ayu mengatakan hal itu dalam konferensi pers bersama Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, Sabtu (22/12) guna menyambut Hari Ibu. “PDIP sebagai partai yang dekat dengan Soekarno akan terus menggelorakan semangat perjuangan itu, khususnya menyangkut perempuan,” katanya.

Menurut Ayu, ajaran Proklamator RI Bung Karno memiliki pegaruh besar terhadap upaya PDIP dalam memperjuangkan kaum perempuan. Bung Karno, tuturnya, pernah membicarakan pergerakan perempuan secara khusus.

Calon anggota legislatif DPRD Kota Tangerang Selatan itu menjelaskan, Bung Karno melalui buku Sarinah, Kewajiban Wanita Dalam Perjuangan Republik Indonesia mencetuskan gagasannya tentang perempuan. Tokoh berjuluk Putra Sang Fajar itu tak hanya mengeluarkan ide tentang kesetaraan hak, tetapi juga mengenai perjuangan perempuan demi membebaskan dunia dari penindasan.

Ayu mengaku telah melihat banyak bukti tentang upaya PDIP dalam memajukan perempuan. Buktinya, partai pemenang Pemilu 2014 itu memiliki kader perempuan terbanyak yang duduk di legislatif baik DPR RI, DPRD provinsi ataupun kabupaten/kota.

Selain itu, Presiden Joko Widodo yang notabene kader PDIP juga mengangkat perempuan untuk menjadi menteri-menteri strategis. Misalnya, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Kelautan dan Perikanan Sudi Pudjiastuti, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise.

Karena itu Ayu mengharapkan ikhtiarnya bersama PDIP berefek positif bagi upaya memperjuangkan kaum perempuan. “Semoga kami, PDIP, mampu untuk selalu memperjuangkan hak-hak perempuan, juga bersinergi di bidang yang terkait pemajuan peran perempuan,” kata caleg PDIP di daerah pemilihan Tangsel III itu

Baca Juga:   Milner: Awal yang Sempurna!