Kirab pusaka malam 1 Sura, Keraton Surakarta siapkan 7 Kebo Bule

Rekanbola – Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat akan menggelar peringatan tahun baru Jawa atau malam 1 Sura, Selasa (11/9). Kirab pusaka yang dimulai pukul 24.00 WIB tersebut akan dipimpin oleh barisan kerbau keturunan Kyai Slamet atau sering disebut Kebo Bule.

Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta KGPH Dipokusumo mengatakan, Kirab malam 1 Sura yang sudah tercatat dalam kalender event Kota Solo tersebut dilaksanakan berdasarkan perhitungan kalender Hijiriah dan Tahun Saka.

“Sesuai kalender Jawa yang dibuat Sultan Agung, sistem penanggalan Hijriah dan Tahun Saka, biasanya selisih satu hari. Jadi tahun baru Jawa atau Islam ini jatuh pada 11 September atau Selasa Wage pada malam hari sampai Rabu nanti,” ujarnya.

Seperti tahun sebelumnya, kirab pusaka malam 1 Sura akan melalui rute dari depan Kori Kamandungan, Pagelaran, Bundaran Gladag, perempatan Bank Indonesia, Jalan Mayor Kusmanto, Jalan Kapten Mulyadi, Jalan Veteran, Jalan Yos Sudarso, Jalan Slamet Riyadi dan kembali ke keraton.

Terkait persiapan Kebo Bule, pawang kerbau dari Keraton Kasunan Surakarta Heri Sulistyo mengaku sudah dilakukan gladi beberapa kali. Perawatan juga dilakukan di kandangnya, Alun-alun selatan.

“Ada 2 kerban jantan 2 dan betinanya ada 5 ekor,” jelasnya.

Menurut Heri, sebelum prosesi kirab akan ada beberapa upacara yang tengah dipersiapkan. Diantaranya, upacara tolak bala, memandikan kerbau dan lain sebagainya.

Baca Juga:   Mabes Polri Batalkan Kebijakan 'Local Boy' Polda Jabar