Klasemen Akhir Grup H, Jepang Lolos Karena Kartu Kuning

REKANBOLA – Klasemen akhir Grup H Piala Dunia 2018 menjadi menarik untuk dibahas. Sebab, penentuan posisi akhir di klasemen harus ditentukan bukan dengan jumlah poin maupun dengan selisih gol tim yang berlaga.

Penentuan klasemen Grup H, untuk posisi kedua, harus dihitung lewat aturan fair play yakni menghitung jumlah kartu yang didapatkan.

Pada laga terakhir Grup H. Kolombia sukses memetik kemenangan dengan skor 1-0 atas Senegal melalui gol tunggal Yery Mina. Kolombia pun mengumpulkan enam poin dan berhak lolos ke babak 16 besar dengan status sebagai juara grup.

Nah, posisi kedua jadi topik yang menarik. Sebab, Jepang kalah dengan skor 0-1 atas Polandia. Jepang mendapat pon 4 dari tiga laga. Jumlah poin tersebut sama dengan yang didapatkan oleh Senegal.

Menariknya, pertemuan antara Jepang melawan Senegal berakhir dengan skor imbang 2-2. Selisih gol kedua tim juga sama yakni 0. Jumlah memasukkan dan dan kemasukan Jepang dan Senegal pun sama. Masing-masing mencetak empat gol dan kemasukan empat gol.

Ditentukan Aturan Fair Play

Ditentukan Aturan Fair Play

Dalam kondisi yang sudah diterangkan sebelumnya, maka penentuan posisi di klasemen akan menghitung jumlah kartu yang didapatkan kedua tim. Nah, Jepang dalam posisi yang lebih diuntungkan daripada Senegal.

Makoto Hasebe dan kolega sepanjang tiga laga hanya mendapatkan empat kartu kuning saja. Sementara, Senegal telah menerima enam kartu kuning dari wasit. Maka, Jepang berhak atas posisi kedua klasemen akhir Grup H.

Sementara itu, Polandia bisa sedikit terhibur dengan tiga poin yang mereka dapatkan usai menang asal Jepang. Meski tetap menjadi juru kunci, setidaknya Robert Lewandowski dan kolega bisa pulang dengan membawa poin, bukan tanpa poin.

Baca Juga:   Perasaan Candreva Usai Bawa Inter ke Liga Champions: Seperti Lolos Pengasingan!

Berikut Klasemen Akhir Grup H:

View image on Twitter