Klopp vs Guardiola – Daya Tarik Dua Pelatih Terbaik Premier League

Rekanbola – Dua analis sepak bola Sky Sports, Charlie Nicholas dan Phil Thompson membandingkan Jurgen Klopp dan Pep Guardiola dalam menangani tim. Keduanya berandai-andai sekiranya bisa memilih dilatih oleh salah satu dari dua pelatih hebat itu.

Saat ini, Klopp menangani Liverpool dan Guardiola menukangi Manchester City. Keduanya dapat dikatakan memberikan dua gaya sepak bola terbaik di Premier League sejak musim lalu.

Guardiola dikenal dengan penguasaan bola dan gaya bermain yang atraktif. Tim asuhan Guardiola selalu mengundang decak kagum. Hal yang sama juga berlaku pada tim bimbingan Klopp, meski sedikit berbeda. Klopp adalah pelatih nyentrik yang mengutamakan sepak bola menyerang yang sangat cepat.

Lalu, sekiranya ada satu pemain yang diminati dua pelatih itu. Siapakah yang sebaiknya dipilih? Klopp atau Guardiola? Baca ulasan Nicholas dan Thompson di bawah ini:

 

Nicholas-Guardiola

Tak perlu waktu lama, Nicholas langsung memilih Guardiola. Dia mengaku menyukai semangat Klopp dan cara melatihnya, tetapi baginya Guardiola adalah pelatih terbaik untuk meningkatkan kemampuan fisik dan mental para pemain.

“Tak perlu diperdebatkan lagi – [saya memilih] Pep. Saya menyukai pribadi Klopp. Dia sudah melakukan hal hebat di Liverpool. Meski demikian, jika saya ingin mengembangkan kemampuan fisik dan mentalitas saya maka Pep adalah orang yang tepat,” kata Nicholas di Sky Sports.

“Saya juga beberapa kali melihat Barca ketika dia [Pep] masih melatih. Tak perlu diragukan lagi mereka dahulu adalah tim terhebat, memainkan sepak bola terhebat yang pernah saya lihat. Jadi bagi saya dia [Pep] yang menang.”

 

Thompson-Klopp

Berbeda dengan Nicholas, Thompson memilih Klopp. Dia mengakui dua pelatih itu sama hebatnya, tetapi jika harus memilih salah satu, dia akan memilh Klopp. Thompson memosisikan dirinya sebagai mantan pemain Liverpool dan Klopp telah melakukan tugas baik sebagai pelatih klub bersejarah itu.

Baca Juga:   Klasemen Sementara Liga Inggris Pekan Kedua: Kejutan dan Kewajaran

“Sebagai mantan pemain Liverpool, saya memahami betapa pentingnya bagi pelatih anyar untuk memahami kultur dan sejarah di Liverpool, dan Klopp melakukannya.”

“Itu sangat penting. Saya tak mengatakan Pep tidak melakukan hal yang sama di Man City, tetapi dari sudut pandang Liverpool, karisma dan pehamaman Klopp benar-benar luar biasa,” sambungnya.

“Namun jarak antara keduanya sangatlah kecil.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *