Komentar Dokter Paru Soal Cerita Pria Kena Infeksi Karena Kaos Kaki Bau

Rekanbola – Seorang pria dari Fujian, China, bernama Peng dilaporkan Daily Mail mengalami infeksi paru oleh fungi akibat kebiasannya mencium bau kaus kaki bekas. Menurut spesialis paru cerita tersebut kemungkinan hoax karena kenyataannya infeksi fungi tidak semudah itu.

Anggota Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Frans Abednego Barus, SpP, mengatakan bahwa infeksi oleh fungi terjadi tidak mendadak. Seseorang perlu terpapar dalam waktu tahunan untuk fungi bisa menimbulkan masalah kesehatan.

“Hoax ngga bener. Tidak semudah itu. (Infeksi -red) terjadi tahunan tidak dalam hitungan hari,” ujar dr Frans kepada detikHealth, Senin (17/12/2018).

Lebih jauh dr Frans menjelaskan bahwa seseorang yang terkena infeksi fungi juga biasanya memiliki daya tahan tubuh sangat lemah. Dicontohkan misalnya saja pasien dengan human immunodeficiency virus (HIV) atau masalah gizi kronis.

Kondisi Peng sendiri memang disebut dalam laporan sedang dalam kondisi kurang bugar karena kelelahan merawat anaknya di rumah.

Terkait kasus tersebut, dr Frans mengatakan perlu penjelasan dari dokter yang langsung merawat pasien untuk benar-benar tahu bagaimana hal tersebut bisa terjadi.

Baca Juga:   Dubes Palestina Berharap Negaranya Bebas dari Penjajahan Israel