Kominfo Temukan 62 Konten Hoaks Jelang Pilpres dan Pileg

Rekanbola – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengidentifikasi 62 konten hoaks yang tersebar di internet dan media sosial berkaitan dengan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden.

Melalui keterangan resmi, Plt. Kepala Biro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu mengatakan identifikasi ini diketahui melalui mesin AIS oleh Sub Direktorat Pengendalian Konten Internet Direktorat Pengendalian Ditjen Aplikasi Informatika, yang menemukan jumlah konten hoaks terbanyak ditemukan pada Desember 2018, yakni sebanyak 18 konten hoaks.

“Pada bulan Agustus 2018 ditemukan sebanyak 11 konten hoaks. Bulan September 2018 terdapat 8 konten. Oktober 2018 terdapat 12 konten. November 2018 sebanyak 13 konten hoaks,” kata pria yang akrab disapa Nando tersebut.

Nando menambahkan jika selama ini Kominfo merilis informasi mengenai klarifikasi dan konten yang terindikasi hoaks melalui portal kominfo.go.id dan stophoax.id.

“Kementerian Kominfo mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan pengecekan dan penyaringan dulu sebelum menyebarkan informasi yang belum dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pungkas dia.

Baca Juga:   Alvaro Morata, Kelebihan dan Kekurangan si 'Nomor 9'