Konsumsi Teh Hijau Bisa Bantu cegah Obesitas

REKANBOLA – Banyak cara untuk menurunkan berat badan dan membakar lemak pada tubuh. Salah satu cara yang paling banyak dilakukan adalah melalui olahraga, namun ternyata menurunkan berat badan juga bisa dilakukan melalui minuman.

Mengonsumsi teh hijau disebut dapat mengurangi obesitas. Minuman ini juga diketahui dapat mengurangi peradangan di usus.

Tikus yang diberi pola makan suplemen tinggi lemak dengan teh hijau mengalami penurunan berat badan hing 20 persen. Selain itu tikus tersebut juga diketahui memiliki kekebalan insulin lebih rendah dibanding tikus yang menjalani diet serupa namun tanpa teh.

Tikus yang diberi minum dua persen ekstrak teh hijau mengalami peningkatan kesehatan usus. Selain itu, mereka juga diketahui memiliki lebih banyak mikroba menguntungkan di usus serta kondisi tertentu di dinding usus.

“Hasil penelitian ini menghadirkan bukti bahwa teh hijau mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus yang berujung pada sejumlah manfaat yang secara signifikan menurunkan risiko obesitas,” jelas peneliti utama, Richard Bruno.

Selama delapan minggu, tim peneliti memberi tikus jantan dengan pola makan tinggi lemak yang menyebabkan obesitas sedangkan setengahnya diberi makanan reguler. Pada tiap kelompok tersebut, setengah diberi makan dengan teh hijau yang dipadukan dalam makanan mereka.

Tikus betina tidak dilibatkan karena mereka tahan terhadap pola makan penyebab obesitas serta tahan terhadap insulin. Teh hijau juga melindungi terhadap pergerakan endotoksin keluar dari usus melewati aliran darah.

“Mengonsumsi dalam jumlah sedikit dalam tiap kali makan sehari-hari bersama makanan dapat menjadi hal yang baik dilakukan,” jelas Bruno.

Baca Juga:   Cara Beri Tahu Suami Bila Belum Raih Orgasme