Korban Kebakaran Kapal Riki Baru: 14 Penumpang Selamat, 3 Tewas dan 1 Belum Ditemukan

REKANBOLA – Kapal ikan KM Riki Baru terbakar di sebelah timur Pulau Peniki, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Kebakaran itu terjadi pada Senin (11/3) sekitar pukul 22.00 WIB.

Berdasarkan data manifest, total penumpang atau Passenger On Board sebanyak 18 orang. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono melalui siaran pers yang diterima REKANBOLA, Selasa (12/3), menuturkan, para penumpang diselamatkan KM Putera Bahagia II saat kebetulan sedang melintas.

Saat itu, 14 orang berhasil selamat dan dievakuasi. Satu orang penumpang tewas juga dievakuasi KM Putera Bahagia II. Selanjutnya, Basarnas Command Center (BCC) menghubungi Kantor SAR (Kansar) Jakarta pada pukul 22.05 WIB untuk mengonfirmasi kejadian tersebut.

“BCC menghubungi Kapten kapal Putera Bahagia, tapi tidak diangkat tiga kali. Lalu pada pukul 22.33 WIB, BCC kembali menghubungi Kansar Jakarta dan didapat info nama kapal yang terbakar adalah Riki Baru,” ujarnya.

Selanjutnya pihak kepolisian membantu mencari para korban. Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Sandy Hermawan beserta Dir Pol Airud Polda Metro Jaya Kombes Edfrie R Maith berangkat ke TKP sekitar pukul 01.01 WIB. Tim gabungan berhasil menemukan KM Putera Bahagia yang telah menyelamatkan korban selamat dan meninggal dunia dari KM Riki Baru.

“Lalu pada pukul 01.49 WIB, Tim berhasil menemukan KM Riki Baru yang masih terbakar dan ada dua korban meninggal dunia yang masih memakai pelampung dan terikat tali, tim berusaha mengevakuasi korban,” sambungnya.

Kasubdit Patroli Air Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri, Kombes Makhruzi Rahman menambahkan, total ada 14 orang yang selamat dan tiga orang meninggal. Masih ada korban yang belum ditemukan. “Yang satu korban masih dicari,” ucap Makhruzi.

Baca Juga:   Pakai Batik Couple, Sule dan Naomi Zaskia Gandengan di Resepsi Siti Badriah

Berikut daftar 14 korban yang selamat: Edi, Ferdiansyah, Daffah Fahmi, Awin, Muzahar, Iwan, Gunawan, Herul, M. Munif, Budi Santoso, Eko Sulistyo, Rifaldi, Rinto, Setiawan.