KPU Kabupaten Kediri Juga Lakukan Pemungutan Suara Ulang Besok

Rekanbola – KPU Kabupaten Kediri akan melakukan Pemungutan Suara Ulang(PSU) di salah satu TPS wilayahnya. PSU ini dilakukan diduga ada kesalahan prosedur terhadap proses pemungutan suara Pilgub Jatim 2018.

Hal ini menyusul setelah Panwaslu menemukan adanya pasangan suami istri dari luar daerah yang mencoblos di Kabupaten Kediri, tidak sesuai prosedur. Keduanya melakukan pencoblosan tanpa menunjukkan formulir A5.

Saat dikonfirmasi, Ketua KPU Kabupaten Kediri, Sapta Andaru Iswara mengaku berdasar keputusan rapat pleno, PSU akan dilaksanakan di TPS 004 Desa Susuh Bango, Kecamatan Ringinrejo, Minggu (1/7/2018).

“Logistik telah diajukan permintaan kepada pihak KPU Propinsi Jawa Timur,” jelas Sapta saat dikonfirmasi, Sabtu (30/6/2018).

Menurut Sapta, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) kurang teliti dalam melakukan pekerjaannya. Terutama saat petugas mengizinkan dua orang yang tidak memiliki surat A5 (pindah pilih).

Sebenarnya dua orang ini merupakan warga yang lahir dan tinggal di Desa Susuh Bango, Kecamatan Ringinrejo, namun pindah ke Kabupaten Jember. Karena liburan, mereka berniat mencoblos di daerah asalnya.

“Awalnya dua orang ini merupakan penduduk asli di desa itu. Karena menikah, pindah domisili, kemudian berniat mencoblos di Desa Susuh bango karena liburan,” tambah Sapta.

Menurut Sapta, keduanya memang memilki surat jenis C6 dan terdaftar ada DPT Kabupaten Jember, namun tak dilengkapi formulir A5 pindah di Kabupaten Kediri. Lantaran petugas menganggap ini pemilihan gubernur dengan wilayah Jawa Timur, sehingga yang bersangkutan diizinkan mencoblos hanya dengan menunjukkan e-KTP.

“KPPS memerbolehkan keduanya mencoblos karena dianggap merupakan pemilihan gubernur dengan cakupan luas, Propinsi Jawa Timur hanya dengan e-KTP,” imbuh Sapta.

Senada dengan KPU, Komisioner Panwaslu Kabupaten Kediri juga membenarkan adanya pemungutan suara ulang di TPS 004, Desa Susuhbango, Kecamatan Ringinrejo.

Baca Juga:   Sering WA Pacar Orang, Siswa SMA Ini Dibacok Orang Tak Dikenal

Petugas Panwaslu, menemukan dua orang tidak punya hak pilih menggunakan hak pilihnya. Itu warga Kabupaten Jember yang mencoblos tanpa form A5 atau bukti pindah pilih.

“Kesalahannya tidak dicek e-KTP. Sehingga setelah menggunakan hak pilihnya, baru tahu kalau dia dari luar daerah, berdasar pasal 59 ayat 2 huruf e PKPU No 8 Tahun 2018, apabila lebih dari satu orang yang tidak terdaftar sebagai pemilih mendapatkan kesempatan menggunakan hak pilih,” imbuh Sulton.

PSU akan digelar di TPS 004 mulai pukul 07.00 -13.00 WIB. Dengan jumlah DPT sekitar 400-an pemilih.

 

 

( Sumber : detik.com )