Kumpulan Filosofi Bijak Tentang Kopi yang Berkaitan dengan Kehidupan Sehari-hari

REKANBOLA  —  Barang Kali Tuhan Menciptakan Kopi Supaya Kita Semua Bisa Berteman 

1. Pahit dan Manis

Biasanya minuman pahit ini akan terasa nikmat jika diseduh dengan air panas atau hangat. Tak hanya nikmat, terkadang minuman ini juga dapat mendorong munculnya ide dalam membuat kata-kata inspirasi yang penuh makna filosofis, kutipan di atas misalnya.

Seperti pertemuan rasa pahit manis, kamu pun akan menemui banyak kontradiksi dalam hidup ini. Ada dua hal berbeda yang pasti dilalui, seperti suka duka, tangis tawa, hitam putih, dan sebagainya. Bukannya terganggu, pertentangan dua hal itu terkadang justru menciptakan harmoni tersendiri dalam hidupmu.

2. Memiliki Sisi Pahit

Setiap orang pasti menginginkan cita rasa minuman yang sempurna, termasuk ketika menyeduh minuman berwarna gelap ini. Rasa pahitnya tidak akan hilang meski kamu mencampurnya dengan bahan lain, semisal gula atau susu.

Seperti halnya rasa pahit minuman ini yang tak bisa ditutup-tutupi, begitu juga dengan hidup yang kamu jalani sekarang. Meski kamu selalu berusaha menyembunyikan kesedihanmu, hatimu pun tidak akan pernah bisa dibohongi.

3. Agar Bisa Berteman

Apa yang kamu pikirkan saat ada teman yang melontarkan kalimat, “Ngopi bareng, yuk?” Secara otomatis mungkin kamu sudah paham bahwa dia tidak hanya mengajak ngopi, tetapi juga berkumpul dan mengobrol.

Itulah salah satu keunikan minuman ini yang tak dimiliki jenis lainnya. Selain dinikmati, barangkali Tuhan menciptakannya untuk mengakrabkan manusia satu dengan yang lainnya.

4. Merayakan Rezeki

Selain untuk mempererat persahabatan, secangkir kopi juga bisa dijadikan sebagai alat motivasi sekaligus sarana untuk bersyukur. Mungkin itulah yang ingin disampaikan Joko Pinurbo dalam kutipannya tersebut.

Baca Juga:   3 Hal Sederhana Paling Diinginkan Pria dari Wanita yang Dinikahinya

Banyak atau sedikit rezeki yang didapatkan hari ini, tak ada salahnya jika kamu mensyukurinya. Tak harus dengan pesta mewah, ngopi bersama teman-temanmu pun mungkin sudah mewakili perayaan rasa syukur itu.

5. Nasib Pahit

Setujukah kamu dengan kutipan dari penulis Andrea Hirata tersebut? Menurutnya, orang yang terbiasa meminum kopi pahit umumnya telah melewati berbagai lika-liku kehidupan.

Orang-orang seperti ini biasanya memiliki pengalaman hidup yang luar biasa, mungkin kamu termasuk di dalamnya. Cobaan hidup yang kamu hadapi pun kemungkinan lebih berat dari orang-orang pada umumnya.