Kurangi Bau, 3 Pompa Hydraflow Dipasang di Kali Item

NEWS

Please enter banners and links.

Rekanbola – Pemprov DKI memasang tiga pompa hydraflow di sekitar Kali Item, Jakarta. Pemasangan pompa hydraflow untuk mengurangi bau di Kali Item.

Pantauan pada Sabtu (28/7/2018) sore, tiga pompa tambahan itu terpasang di Pintu Air Honda, Jalan Inspeksi Kali Sunter, Kemayoran, Jakarta Pusat. Pintu air ini menjadi pembatas antara Kali Item dan Kali Sunter.

Terlihat para petugas UPK Badan Air memasang pompa yang dinamakan hydraflow. Pompa ini mampu menyedot air dengan kecepatan 1000 liter/detik.

“Iya ini tiga pompa baru terpasang dua, kecepatannya itu 1.000 liter/detik. Lebih efektif lah dari pada pompa mobil,” ujar Koordinator Pompa Air Kali Item, Sopyan kepada detikcom di lokasi.

Sopyan mengatakan dipasangnya pompa guna untuk mempercepat penyedotan air dari Kali Item ke Kali Sunter. Sebab, pompa mobil yang sebelumnya dikerahkan dan standby di pinggir jalan itu menurutnya mengganggu lalu lintas.

“Kalau pompa mobil nggak efektif, kemarin kan hanya percobaan. Pompa ini (hydraflow) untuk menggantikan pompa mobil biar nggak ganggu lalu lintas. Pompa mobil kan kemaren kita standby 11 unit. Dari Balai Besar Sungai Wilayah Ciliwung-Cisadane 5, kita 6,” ucapnya.

Sopyan menambahkan, selama Asian Games 2018 air dari Kali Item akan terus dibuang ke Kali Sunter. Dari Kali Sunter nantinya akan langsung bermuara di laut.

“Jadi Kali Item selama ada Asian Games dibuang bukan ke Kali Sentiong dibuangnya ke Kali Sunter melalui pompa. Dari Kali Sunter ngalir ke Kali Kresek (di wilayah Koja) baru ke laut, itu kan langsung ke laut. Di situ kan nggak ada pintu air langsung los ke laut,” tuturnya.

 

( Sumber : detik.com )