Laporan keuangan Nokia di kuartal 4 2017 melebihi ekspektasi

Rekanbola.com – Raksasa telekomunikasi Nokia baru-baru ini merilis hasil laporan keuangan mereka di kuartal 4 tahun 2017. Dan hasil labanya ternyata melebihi ekspektasi. Perusahaan asal Finlandia tersebut mencatat laba sebesar USD 1,2 Miliar atau setara dengan Rp 16,1 Triliun. Angka tersebut naik sebesar USD 1,101 Miliar.

Angka laba tersebut dianggap melebihi ekspektasi karena memang mengalami peningkatan sebesar 9 persen. Memang kecil secara angka, namun jika itu berada di skala global maka sudah sangat besar. Ternyata yang menyebabkan hal tersebut terjadi adalah perjanjian ‘multi-year patent license’ yang dilakukan Nokia dengan jaringan Goliath – Huawei. Yang mana menghasilkan sUSD 260,4 juta. Angka tersebut bahkan sudah melebihi dari yang diharapkan dalam kontrak mereka.

Terlepas dari hasil yang baik, keuntungan bisnis jaringan Nokia telah menurun 25 persen dari tahun ke tahun. Dari USD 1,064 miliar menjadi USD 802,28 juta.

Rajeev Suri, CEO Nokia, mengatakan penurunan laba diperkirakan akan berlanjut selama 2018, kecuali operator Amerika Utara itu memutuskan untuk membelanjakannya, yang bisa ‘melunakkan’ situasi. Selain itu, penuruan tersebut bahkan bisa lebih besar lagi karena Nokia tidak membeli raksasa jaringan Alcatel-Lucent seharga USD 16,6 miliar pada tahun 2016 lalu.

Perlambatan keungan disebabkan oleh fakta bahwa siklus 4G mendekati akhir. Sementara penyedia layanan nirkabel belum mulai membelanjakan peralatan 5G. Saingan Huawei dan Ericsson juga merasakan dampaknya. Yang mana melaporkan keuangan defisit lima kali berturut-turut.

Nokia sepertinya masih memiliki masa depan cerah. Karena penjualan bisnis jarinagn diperkirakan akan meningkat segera setelah operator mulai menghasilkan peralatan 5G. “Untuk tahun 2019 dan 2020, kami mengharapkan kondisi pasar membaik. Didorong oleh peluncuran jaringan 5G skala penuh,” ungkap Rajeev Suri. Dia pun memprediksi adanya peningkatan marjin operasi 12 persen pada tahun 2020 mendatang.

Baca Juga:   Kumpulan Cafe Unik yang Ada di Dunia! Wah, Ada di Mana Aja Ya Guys?

Dalam tahun 2017 saja, laba bersih operasi pelaporan Nokia adalah USD 19,84 juta atau setara Rp 266,8 Miliar.

 

Baca Juga :

Hasil gambar untuk MInion logo