Limbah Medis Berserakan di Hutan Konservasi Karawang

Rekanbola – Warga Dusun Kepuh, Desa Pusakajaya Karawang dikejutkan oleh tumpukan limbah beracun medis di kawasan konservasi mangrove di pesisir utara Karawang, Jawa Barat. Belasan plastik limbah medis itu ditemukan berserakan di sungai dekat hutan bakau, Pantai Pusakajaya Utara, Kecamatan Cilebar, Minggu pagi (9/9/2018).

“Kami menemukan tumpukan plastik warna kuning. Saat dicek, isinya menjijikan, ada bercak darah dari jarum suntik bekas, kapas bekas, kantung darah dan sarung tangan plastik,” kata Wanusuki, warga setempat kepada detik, Minggu (9/9/2018).

Wanosuki memberanikan diri mengecek langsung tumpukan limbah itu. Saat diperiksa, kata Wanusuki terdapat sekira 50 karung dengan berat 7 hingga 10 kilogram limbah yang dibuang.

Selain di plastik warna kuning, sejumlah limbah medis juga ditemukan di dalam plastik warna hitam. Di dalamnya terdapat bungkus infus, tempat obat dan gulungan perban.
Di dalam sejumlah plastik, Wanusuki menemukan nota dan faktur atas nama Rumah Sakit Budi Asih Bekasi.

“Kami temukan nota ini di dalam salah satu plastik,” ungkap dia.

Wanosuki menuturkan ia dan sejumlah warga menemukan tumpukan limbah itu saat sedang olahraga di Minggu pagi. “Ditemukan tadi pagi, setahu saya semalam tidak ada,” kata dia.

Saat ini, Dinas Lingkungan Hidup Karawang sedang memeriksa tumpukan limbah tersebut. “Kami sudah mengutus petugas memeriksa tumpukan limbah di sana. Ini termasuk pencemaran lingkungan,” kata Wawan Setiawan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Karawang saat dikonfirmasi detik via telepon.

Baca Juga:   Usai diguyur hujan, kali di Bekasi berbusa mirip salju

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *