Lionel Messi di Argentina: 14 Tahun, 9 Pelatih, 0 Gelar Juara

REKANBOLA – Mega bintang Lionel Messi kini sedang menjalankan tugas bersama tim nasional Argentina di Copa America 2019. Messi dalam tuntutan yang besar yakni untuk memberikan trofi pertama kepada timnas Argentina.

Lionel Messi sudah 14 tahun membela timnas senior Argentina. Dia memulai debutnya pada tahun 2005 silam, saat itu di bawah kendali pelatih Jose Pekerman.

Dari tahun ke tahun, Lionel Messi selalu menjadi pemain penting bagi timnas. Dia menjadi tumpuan klub saat berlaga di turnamen besar: Piala Dunia dan Copa America.

Sudah beberapa turnamen mayor dilalui oleh La Pulga. Namun, sejauh ini belum ada gelar juara yang mampu diraih. Capaian yang kontras dengan kiprah Messi bersama Barcelona. Dia mampu meraih banyak gelar juara bersama klubnya.

Selama 14 tahun membela Argentina di level senior, capaian terbaik Messi adalah mencapai babak final Copa America dalam tiga edisi. Sementara, pada saat bermain untuk timnas kelompok usia, La Pulga medali emas Olimpiade 2008 dan Piala Dunia U-20 pada tahun 2005.

Dari kurun waktu 14 tahun membela timnas Argentina, sudah ada sembilan pelatih yang silih berganti menjadi mentor Lionel Messi. Namun, tidak ada yang mampu bertahan lebih dari tiga tahun dan tidak ada yang memberikan gelar juara.

Siapa saja pelatih yang pernah melatih Lionel Messi di timnas Argentina? Simak selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

Sembilan Pelatih Lionel Messi di Timnas

Lionel Messi menjalani debutnya di timnas senior pada tahun 2005. Saat itu, Albiceleste sedang dilatih oleh Jose Pekerman. Dia menjabat pelatih Argentina sampai tahun 2008, tanpa gelar juara.

Setelah itu, Argentina dilatih oleh Alfilo Basile yang menjabat pada periode 2008-2010. Kemudian, ada nama legenda hidup Diero Maradona yang dipilih sebagai pelatih. Maradona melatih Argentina pada tahun 2010 hingga 2011.

Baca Juga:   Cuadrado Puji Dampak Ronaldo di Juventus

Maradona melatih Argentina pada Piala Dunia 2010. Mereka gagal juara karena disingkirkan Jerman pada babak perempat final dengan skor 4-0.

Setelah itu, Lionel Messi dilatih oleh Sergio Batista [2011-2014], Alejandro Sabella [2014-2016], Gerardo Tata Martino [2016-217] dan Edgardo Bauza [2017-2018]. Sebagai catatan, Tata Martino juga pernah menjadi pelatih bagi Lionel Messi di Barcelona.

Pada Piala Dunia 2018 lalu, Argentina dilatih oleh Jorge Sampaoli. Dia tidak mampu memenuhi harapan untuk memberi gelar juara. Kini, posisi pelatih timnas Argentina dipegang oleh Lionel Scaloni.