Mana yang Lebih Sehat untuk Sarapan, Minum Teh atau Kopi?

REKANBOLA – Teh dan kopi jadi minuman yang sering dinikmati banyak orang saat sarapan. Ada yang menambah dengan susu, gula dan madu. Mana yang lebih sehat?

Beberapa orang lainnya juga memilih untuk sarapan dengan espresso agar lebih bersemangat. Yang lainnya juga memilih campurkan kopi dengan susu. Keduanya sama-sama dipilih agar lebih bersemangat memulai aktifitas.

Manakah yang lebih sehat, minum kopi atau teh di pagi hari? Sama-sama mengandung kafein. Kafein dianggap buruk bagi kesehatan jika setiap hari dikonsumsi secara berlebihan. Terlalu banyak konsumsi kafein bisa menyebabkan sejumlah masalah seperti mudah gugup, cemas, mudah marah, sakit perut dan detak jantung yang tidak teratur. Karena itu sebagian besar ahli kesehatan menyarankan untuk menghindari kafein berlebih.

Food and Drug Administration AS atau FDS telah menetapkan batas konsumsi kafein yang aman yaitu 400 mg. Jumlah ini sama dengan empat hingga lima cangkir kopi kecil.

Umumnya konsumsi kopi hitam lebih banyak kafeinnya daripada teh hitam. Teh hitam mengandung sekitar 55 mg kafein dalam setiap porsi (sekitar 236 ml). Sedangkan kopi mengandung hampir dua kali lipat dari jumlah itu. Jadi, jika Anda tidak bisa mengonsumsi kafein atau memiliki masalah lambung,sebaiknya pilih teh hitam daripada kopi hitam.

Kopi hitam tanpa gula dikatakan dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, membantu pengelolaan berat badan dengan meningkatkan metabolisme serta tingkatkan energi hingga mengurangi risiko alzheimer dan demensia.

Kopi hitam dapat meningkatkan metabolisme jauh lebih baik daripada teh hitam. Tentu Anda juga tahu bahwa teh banyak jenisnya, termasuk teh hijau, hitam, putih dan oolong. Tergantung pada teh berkafein mana yang Anda sukai.

Baca Juga:   Polisi Ungkap Tiga Kasus Perkosaan di Asahan, Lima Pelaku Ditangkap

Teh juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Seperti contohnya teh hitam yang dikatakan mengurangi tekanan darah, menjaga gula darah tetap terkendali dan bahkan mengurangi risiko stroke. Bahkan teh juga kaya akan antioksidan yang melindungi fungsi jantung dan melawan peradangan di tubuh.

Jadi intinya, tergantung manfaat apa yang ingin Anda ambil dari minuman berkafein. Jika ingin memberi energi pada tubuh dengan cepat di pagi hari, kopi dapat membantu Anda lebih baik daripada teh.

Tetapi jika Anda membutuhkan tubuh yang rileks, maka pilihlah teh hitam. Teh juga lebih baik daripada kopi untuk mereka yang cenderung sering cemas jika dikonsumsi tanpa susu dan gula. Untuk antioksidan yang lebih banyak, pilih teh hijau dan teh putih. Sedangkan teh herbal adalah pilihan sarapan bebas kafein.