Ma’ruf Amin Sebut Pemda Harus Proaktif Buka Akses Pedesaan Demi Pemerataan Ekonomi

REKANBOLA – Calon wakil presiden nomor urut 01, Maruf Amin, mengatakan tugas pemerintah ialah pembangunan infrastruktur utama. Sementara, pembangunan pedesaan perlu keaktifan pemerintah daerah untuk merealisasikannya.

Maka dari itu, menurutnya, perlu sinergi antara pusat dan daerah agar pembangunan dapat merata hingga ke pelosok Indonesia.

“Tapi yang penting jalur utamanya sudah dibangun, Jawa sudah, Trans Sumatera sudah dimulai, Trans Papua, trans-trans itu yang lebih penting. Kalau ke daerah-daerah kan itu tugas Pemda Provinsi dan Pemda Kabupaten, nah yang menyambung itu namanya kerja sinergi antara pemerintah pusat dan daerah,” ujar Maruf di kediamannya, Jl. Situbondo, Menteng, Jakarta, Kamis (27/12).

Menurutnya, bila tidak ada infrastruktur atau jalan utama, maka pemerintah tidak akan bisa membawa hasil-hasil produksi ke berbagai tempat. Dengan adanya infrastruktur utama ini, maka arus barang akan lebih cepat.

“Sekarang Jawa aja, dari Merak sampai Pasuruan sudah ada jalan tol, jadi untuk menyambungkannya sudah tak sulit lagi,” tukasnya.

“Jadi tak mungkin lah dalam tempo 4 tahun sampai ke desa-desa, itu tak logis lagi, cara berfikirnya begitu,” lanjut Maruf.

Maruf Amin menegaskan, pembangunan sampai ke desa ini tidak semudah membalik tangan. Hal seperti ini butuh waktu, begitu juga dengan pembagian biaya, dan pembagian tugas. “Kalau semua diurus pusat, nah terus pemerintah suruh apa? Provinsi suruh apa? Kabupaten suruh apa?” tandasnya.

Baca Juga:   Wapres JK beberkan Manfaat Relaksasi DNI