Masih Ada 500 Pendaki Terjebak di Rinjani, 100 di Antaranya WNA

NEWS

Please enter banners and links.

Rekanbola – Basarnas menerima informasi bahwa ada ratusan pendaki yang terjebak di Gunung Rinjani usai gempa 6,4 SR yang mengguncang Nusa Tenggara Barat (NTB). 100 pendaki yang terjebak itu di antaranya merupakan Warga Negara Asing (WNA).

“Berdasarkan informasi TNGR yang kebetulan berada di bawah di danau, 500 orang itu total semua, kurang lebih 100 WNA yang diupayakan evakuasi,” kata Koordiantor Pos pencarian dan Pertolongan Basarnas Kayangan, Lombok Timur, Putu Eka saat berbincang, Minggu (29/7/2018).

Eka mengatakan para pendaki itu terjebak karena terjadi longsor di Gunung Rinjani. Mereka tak berani bergerak sebab jalan masih belum stabil.

“Itu yang di danau itu terjebak karena reruntuhan, ada bekas longsoran, jadi masih labil, nggak berani jalan, takutnya ambruk lagi. Mudah-mudahan besok sudah mulai jalurnya stabil,” ujarnya.

Eka menjelaskan tim gabungan telah dikerahkan untuk mengevakuasi para pendaki tersebut. Dia berharap para pendaki segera diselamatkan.

“Yang jelas kita tim SAR Gabungan, semua instansi terkait, BPBD, Basarnas maupun dari warga relawan dan lain-lain. Jadi isitilahnya tim gabungan,” jelasnya.

 

( Sumber : detik.com )