Masuk Vietnam Lewat Importir Umum, Honda ADV150 Dijual Selangit

REKANBOLA – Honda ADV150 tidak hanya diminati di Indonesia, motor ini juga diidamkan masyarakat Vietnam. Melihat potensi besar ini, importir umum mulai mendatangkan Honda ADV150 dari Indonesia.

Diberitakan oleh Motosaigon, skutik adventure ini rupanya sudah tiba di Vietnam dan berstatus diimpor utuh CBU (completely Built Up). Anehnya, unit-unit itu bukan orderan dari Honda Vietnam. Diketahui barisan Honda ADV150 di depan kontainer itu merupakan pesanan sebuah importir umum (IU), Minh Long Motor.

Dari sini pula terlihat jelas detail si pendamping Honda PCX. Dari sajian foto-foto mereka secara gamblang terungkap, tak ada perbedaan dengan ADV150 yang sudah beredar di Tanah Air.

Mulai dari pilihan varian. Honda ADV150 ABS tersedia pada opsi kelir Advance Red dan Advance White. Sama halnya pada tipe ADV150 CBS. Untuk konsumen Vietnam, pilihan itu hadir pada warna Tough Red, Tough Silver, Tough Matte Black dan Tough Matte Brown.

Pun begitu dengan spesifikasi teknisnya. Lini skutik premium Honda ini tetap mengusung mesin SOHC berkubikasi 149,3 cc. Dilengkapi pula dengan teknologi andalan mereka, eSP dan ISS (idling stop system).

Segi fitur pun tak ada pengurangan maupun penambahan. Seperti tunggangan Anda sekarang, Honda ADV150 di sana sama-sama mengandalkan sistem penerangan LED, stang fatbar, windshield adjustable, panel meter digital, smart key system, power outlet hingga bagasi luas (28 liter).

Perangkat penopangnya di jalanan juga sama. Sebutlah suspensi teleskopik di depan, suspensi ganda dengan subtank di belakang dari Showa, wavy disc brake hingga roda. Ya, ADV150 menggunakan ban tubeless berukuran belakang yaitu 110/80-14 (depan) dan 130/70-13 (belakang). Terapan inilah yang diklaim mendukung kenyamanan ADV150 melintas di aspal maupun medan light off-road.

Baca Juga:   Kena Recall di Vietnam, Mitsubishi Xpander di Indonesia Dijamin Aman

Perbedaan Harga

Pembeda utama sudah jelas harga. Kabarnya pihak IU mematok Honda ADV150 CBS dengan harga 85 juta VND atau setara Rp 51,8 juta. Sedangkan unit ADV150 ABS dijual 90 juta VND (sekitar Rp 54,7 juta).

Perbedaan harga yang signifikan, melihat di Indonesia dia dipasarkan Rp 33,5 juta (tipe CBS) dan Rp 36,5 juta (tipe ABS). Rasanya antusiasme konsumen di sana bakal positif.

Layaknya di Indonesia, keberadaan ADV150 di Vietnam juga bakal memberi nuansa baru dalam pertarungan segmen skutik. Untuk kompetitor, Yamaha Vietnam sudah punya Yamaha NVX 155. Nama lain dari Aerox 155 yang juga erat dikaitkan sebagai saingan ADV150 di Indonesia.

Ia juga harus bisa menggoda penggemar skuter ikonik Vespa. Dengan status basis produksi, jelas Vespa punya daya pikat soal harga di mata masyarakat Vietnam.

Belum lagi soal pilihan yang lebih beragam. Kendati demikian, belum dijelaskan apakah Honda Vietnam sebagai APM bakal mendatangkan lewat jalur distribusi resmi Honda.