Mau Comeback Boyong SUV, Lawan Proton Bukan Cuma Honda HR-V

REKANBOLA – Sudah lama absen merilis mobil baru di Indonesia, Proton beberapa waktu lalu menyebut masih eksis di Indonesia. Proton dalam beberapa tahun terakhir memang tidak memperlihatkan aktifitasnya di Indonesia.

Proton terakhir merilis mobil pada Februari 2017. Proton memang mengaku sedang merestrukturisasi usai 49,9 persen sahamnya dibeli raksasa otomotif China Geely. Tapi di tahun 2019 ini, Proton berjanji bakalan memboyong mobil baru yakni sebuah SUV X70. X70 merupakan mobil hasil kolaborasi antara Proton dengan Geely.

“Sebagai pasar otomotif terbesar di kawasan ASEAN, Indonesia merupakan negara yang vital bagi pertumbuhan penjualan Proton. Perubahan bisnis kami tidak membuat kami menghentikan untuk mendatangkan mobil baru seperti Proton X70 di masa depan,” ujar Director of International Sales for Proton Steven Xu.

Balik mengisi pasar otomotif di Indonesia, Proton telah dinanti berbagai lawan berat. Kalau sebelumnya Proton harus berhadapan dengan produsen asal Jepang dan Korea Selatan dalam segmen yang diisinya seperti hatchback, sedan, hingga MPV kini pabrikan China sudah menanti.

Bakal memboyong SUV Proton X70, lawan Proton beragam mulai dari Honda HR-V hingga Toyota C-HR yang notabene menggendong mesin 1.800cc. Namun lawan Proton tak hanya mobil yang punya mesin serupa, ada juga beberapa SUV lain yang tengah digandrungi masyarakat Indonesia.

Proton X70 harus bisa mendobrak dominasi Toyota Rush-Daihatsu Terios. Belum lagi pendatang baru dari China seperti Wuling Almaz dan DFSK Glory 580 pun juga patut diperhitungkan. Sekadar informasi, Proton X70 menggendong mesin bensin berkapasitas 1.8 L dikawinkan dengan dengan transmisi 6 percepatan otomatis serta pilihan manual.

Ada 6 airbag yang tersedia di X70. Fitur-fitur canggih pun tersemat di dalamnya mulai dari Auto Rain Sensing, Panoramic Sunroof, ABS, EBD, BA, ESC, TCS, HHA, HDC, ESS, AEB, FCW, ACC, LDW, BLIS, DOW, IHBC, TPMS, sensor kamera depan belakang, hingga immobiliser dan anti-theft alarm.

Baca Juga:   Penumpang mudik Lebaran 2018 di Bandara Cengkareng bisa cek tensi darah gratis

Ada empat pilihan Proton X70 yang ditawarkan yakni 1.8 TGDi Standard 2WD RM 99.800 atau kalau dirupiahkan Rp 347 jutaan, 1.8 TGDi Executive 2WD RM 109.800 setara Rp 381 jutaan, 1.8 TGDi Executive AWD RM 115.800 atau Rp 402 jutaan, dan yang paling mahal 1.8 TGDi Premium 2WD seharga RM 123.800 atau sebesar Rp 429 juta.

Jika diboyong ke Indonesia, Proton harus bersaing secara harga, fitur, juga tak ketinggalan layanan purna jual pada model X70. Di samping itu ketahanan mobil untuk jangka panjang pun juga menjadi penilaian tersendiri masyarakat Indonesia sebelum membeli mobil.