Mau Main Skateboard dengan Benar, Yuk Gabung di Komunitas Boper!

Rekanbola – Sejak ada skate park baru di Sempur, Bogor Tengah, Jawa Barat, dunia skateboard di Bogor, Jawa Barat, mengalami kemajuan, tak heran bila banyak pecinta skateboard bermunculan, salah satunya Komunitas Bogor Independent Skateboarder yang akrab disebut Komunitas Boper .

Setiap harinya, skate park tersebut selalu diramaikan oleh para pemain olahraga skateboard. Mereka berkumpul, sambil bermain skateboard sesuai keahliannya masing-masing, dari berbagai usia, mulai dari anak-anak Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi.

Komunitas yang biasa disebut Boper ini, menurut Nanay Nuriskandar, salah satu anggota Boper dan pemain skateboard, berdiri sejak 1994 oleh beberapa remaja Bogor.

Komunitas ini dibuat dengan tujuan agar para penggiat komunitas ini lebih saling mengenal dan lebih bersatu sejak era 90an. Nama Boper, lanjut Nanay, diambil dari nama ‘Bogor Permai’, lokasi di mana awalnya anggota komunitas tersebut sering bermain.

Selain di Lapangan Sempur, sambung dia, komunitasnya juga sering menghabiskan waktu di beberapa tempat seperti IPB Dramaga atau Taman Kencana.

Siapapun yang suka main skateboard bisa gabung di Komunitas Bogor Independent Skateboarder 'Boper'. (Foto: Dok. Komunitas Boper)

“Kita kumpul hampir setiap hari untuk main. Kalau main sih sebenarnya di mana aja, karena karena main skateboard bisa di mana-mana. Yang penting nggak rumput atau tanah. Asal ada pluring, aspal, jalannya mulus, kita bisa main,” jelas Nanay pada suara.com.

Menurutnya, sejak pertama didirikan, antusias kaum muda untuk bermain skate terus meningkat. Apalagi saat ini, kata Nanay, skateboard juga sudah diakui sebagai salah satu cabang olahraga oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Selain untuk mengembangkan bakat dan menyalurkan hobi, tergabung dalam komunitas ini juga punya banyak manfaat yang sangat positif, seperti melatih konsentrasi, kreativitas dan keseimbangan.

“Karena kita pakai otak kanan juga saat main, dituntut kreativitas, kelenturan badan, yang pasti menyehatkan banget karena semua badan gerak,” jelasnya.

Baca Juga:   Sule Buka Suara soal Gugatan Cerai Istrinya

Komunitas skate board satu ini juga bukan hanya menjadi wadah bagi para penggiat olahraga skate board untuk menuangkan hobinya.

Tapi juga sebagai sarana pengembangan minat dan bakat bagi mereka yang ingin mencoba bagaimana cara bermain skate dengan benar.

Selain bermain skate, Boper sering pula mengadakan ‘school skate’ untuk para pemain pemula.

Komunitas Bogor Independent Skateboarder, 'Boper', sarana pengembangan minat dan bakat bagi mereka yang ingin tahu cara bermain skate dengan benar. (Foto: Dok. Komunitas Boper)

Tak hanya itu, untuk membuat masyarakat tertarik, komunitas ini juga sering mengadakan event, bahkan hampir setiap seminggu sekali para anggota Boper sering melakukan trip ke sekolah yang bertujuan mengenalkan skateboard.

Selain itu setiap 21 Juni, untuk merayakan hari skate sedunia para anggota Boper pun sering mengadakan pawai keliling kota Bogor menggunakan skate dan membersihkan sampah yang ada di jalan.

“Kita juga sering mengadakan kegiatan sosial, seperti mengajak anak-anak jalanan bila ingin ikut bergabung latihan skate bersama komunitas,” ujar dia.

Biasanya, sebelum latihan, Boper akan mengajari mereka terlebih dahulu membaca selama 30 menit. Setelahnya baru mereka dibebaskan untuk bermain skate.

Nah, ingin bergabung dengan komunitas ini, datang saja dan langsung bermain bersama mereka ke skate park Sempur, karena para anggota dari komunitas ini siap menerima siapapun yang ingin bergabung.

 

 

( Sumber : Suara.com )