Microsoft Bangkitkan Kembali Clippy, tapi…

REKANBOLA – Siapa yang masih ingat Clippy? Pengguna komputer dengan Office XP dan sebelumnya pasti ingat dengan ikon penjepit kertas yang selalu memberikan tips untuk menggunakan software tersebut.

Microsoft pertama kali memperkenalkannya di Office 97. Umurnya sangat singkat, ia kemudian ‘dipecat’ pada tahun 2001, bersamaan dengan hadirnya Office XP.

Tapi, siapa sangka Clippy ternyata baru-baru ini dihidupkan kembali oleh Microsoft. Memang tidak sebagai asisten untuk Office, tapi sebagai stiker-stiker animasi lucu untuk layanan group chat Microsoft Teams.

Stiker-stiker Clippy bermunculan pada hari Selasa (19/3/2019). Stiker ini dirilis lewat halaman resmi developer Office di GitHub dan bisa diunduh dengan gratis untuk semua pengguan Teams.

Tapi, hanya sehari muncul, Clippy dipensiunkan kembali oleh Microsoft. Ternyata menghilangnya Clippy disebabkan oleh ‘polisi brand’ di Microsoft yang tidak senang Clippy kembali hadir di Teams.

“Clippy sudah mencoba mendapatkan mendapatkan pekerjaannya kembali sejak tahun 2001, dan penampilan singkatnya di GitHub merupakan percobaan lainnya,” kata juru bicara Microsoft kepada The Verge

“Meskipun kami menghargai upaya ini, kami tidak memiliki rencana untuk membawa Clippy ke Teams,” sambungnya.

Microsoft tidak hanya menghapus Clippy dari Teams, tapi juga proyek GitHub yang terkait dengannya. Penggemar Clippy pun merespon dengan membuat petisi yang meminta stikernya hadir kembali di Teams. Saat ini, petisi tersebut telah mendapatkan hampir 2.700 vote.

Baca Juga:   Sambut Tahun Baru, Oppo Sodorkan F9 Warna Baru