Mobil Terbaik Eropa Datang ke Indonesia?

REKANBOLA – Mobil listrik Jaguar I-PACE menjadi mobil terbaik di Eropa. Akankah mobil ini diboyong ke Indonesia?

“Haha, amin,” ujar Brand Director Jaguar dan Land Rover PT Wahana Auto Ekamarga Jentri Izhar singkat kepada REKANBOLA.

Jentri mengatakan Jaguar I-PACE menjadi mobil listrik pertama dengan performa tinggi. “Mudah-mudahan bisa dibawa ke Indonesia semoga didukung dengan kebijakan pemerintah agar harganya terjangkau masyarakat. Pemerintah sedang menggodok regulasi dan mengatur perpajakan mobil listrik tapi kita lihat nanti,” ujarnya.

Meski mobil listrik, I-PACE sudah terbukti keamanannya. Dalam crash test oleh Euro NCAP, mobil mendapatkan rating 5 bintang. SUV berperforma elektrik pertama dari Jaguar ini mencetak 91% untuk perlindungan penumpang dewasa, 81% untuk perlindungan penumpang anak dan 81% untuk bantuan keamanan.

Terlebih lagi, I-PACE mencetak poin maksimum untuk side barrier impact test (ujian dampak penghalang samping) serta side pole test (ujian dampak tiang samping) yang lebih berat, dengan perlindungan prima untuk semua area dari bodi mobil yang penting.

Hasil terbaru ini berarti ketiga anggota keluarga PACE SUV Jaguar, E-PACE, F-PACE dan I-PACE, memiliki peringkat Euro NCAP bintang lima maksimum, menunjukkan komitmen Jaguar dalam merekayasa beberapa mobil keluarga teraman di dunia.

SUV ini direkayasa secara ahli dengan struktur bodi aluminium ringan dan paket baterai terintegrasi untuk memberikan perlindungan kecelakaan yang tak tertandingi bagi penumpangnya.

Struktur bodi aluminium ringan I-Pace memberikannya tingkat kekokohan tinggi, dan ketika dikombinasikan dengan paket baterai terintegrasi – dilindungi oleh kerangka aluminium struktural – menghasilkan kekakuan torsional tertinggi pada Jaguar manapun, dengan
36kNm per derajat.

I-PACE juga dilengkapi berbagai teknologi keselamatan canggih untuk melindungi para pengguna jalan dan pejalan kaki. Di antara teknologi-teknologi ini adalah Pedestrian Deployable Bonnet System (kap yang buka untuk meringankan dampak tabrakan) dan Autonomous Emergency Braking (Pengereman Darurat Otomatis) dengan Pedestrian and Cyclist Detection (Pendeteksi Pejalan Kaki dan Pesepeda).

Baca Juga:   Jennie Black Pink Sukses Memukau Netter Dengan Penampilannya Saat Menghadiri Acara Di Paris.

Jaguar juga merancang Audible Vehicle Alert System / Sistem Peringatan Kendaraan Audibel (AVAS) yang unik untuk kendaraan listrik pertamanya yang memperingatkan pengguna jalan ketika kendaraan mendekat. Suara ini dapat didengar pada kecepatan hingga 20km/jam sehingga melebihi minimum 56dB(A) yang dipersyaratkan dalam undang-undang Eropa yang akan diberlakukan.

Selain semua teknologi keselamatan tersebut, SUV ini menawarkan rangkaian lengkap sistem bantuan pengemudi yang canggih termasuk Adaptive Cruise Control with Steering Assist, Blind Spot Assist, dan 360° Parking Aid.