Momen Mendaratnya Pesawat Militer Rusia di Venezuela

REKANBOLA – Dua pesawat militer Rusia yang mengangkut puluhan tentara mendarat di Bandara Simon Bolivar, Caracas, Venezuela. Seperti apa wujudnya?

Pesawat jenis kargo Antonov-124 milik Angkatan Udara Rusia dan sebuah pesawat jet berukuran lebih kecil mendarat di Caracas pada Sabtu (23/3) lalu.

Laporan kantor berita Rusia, Sputnik, menyebut kedua pesawat itu dikirim ke Venezuela untuk guna ‘memenuhi kontrak teknis militer’.

Laporan soal kedatangan dua pesawat Rusia itu mengemuka tiga bulan setelah Rusia dan Venezuela menggelar latihan militer gabungan. Diketahui bahwa Rusia telah sejak lama menjadi sekutu Venezuela, yang diwujudkan dengan meminjamkan dana miliaran dollar AS serta menyokong industri minyak dan militer Venezuela.

Dilaporkan Javier Mayorca, seorang wartawan Venezuela, via Twitter bahwa dirinya melihat 100 tentara dan 35 ton perlengkapan keluar dari dua pesawat Rusia tersebut. Menurut Mayorca, jenderal militer Rusia bernama Vasily Tonkoshkurov memimpin pasukan saat mereka keluar dari pesawat.

Bukti keberadaan pesawat Rusia di Caracas ditunjukkan melalui foto sebuah pesawat militer berbendera Rusia yang tampak di area parkir pesawat di Bandara Simon Bolivar pada Minggu (24/3). Foto-foto pada media sosial juga menunjukkan sejumlah serdadu Rusia berkumpul di bandara.

Baca Juga:   Catat, Ini Lokasi Macet Selama Bulan Puasa