Nilai tukar Rupiah masih melemah di level 15.241 per USD

REKANBOLA – Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) bergerak fluktuatif di perdagangan hari ini, Selasa (30/10). Pagi ini, Rupiah dibuka di level Rp 15.230, melemah tipis dibanding penutupan perdagangan kemarin di Rp 15.222 per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah bergerak melemah usai pembukaan mencapai Rp 15.241 per USD. Namun kembali menguat, dan saat ini berada di level Rp 15.238 per USD.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) mencatat Nilai tukar Rupiah (NTR) masih mengalami depresiasi atau melemah terhadap Dolar AS di kuartal III-2018. Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Mirza Adityaswara menegaskan, pelemahan tersebut masih dalam volatilitas yang terjaga.

“Tekanan depresiasi Rupiah pada September 2018 dan kemudian berlanjut pada Oktober 2018 sejalan dengan pergerakan mata uang negara peers,” kata Mirza di Gedung BI, Jakarta, Selasa (29/10).

Hingga September 2018, BI mencatat Rupiah secara rata-rata melemah sebesar 2,07 persen dan sedikit melemah pada Oktober 2018.

“Dengan perkembangan ini, maka secara year to date (ytd) sampai dengan 22 Oktober 2018, Rupiah terdepresiasi 10,65 persen,” ujarnya.

Namun demikian, depresiasi Rupiah masih lebih rendah dari pelemahan yang terjadi di Brasil, India, Afrika Selatan, dan Turki.

Ke depan, Bank Indonesia terus melakukan langkah-langkah stabilisasi nilai tukar sesuai nilai fundamentalnya dengan tetap menjaga bekerjanya mekanisme pasar, didukung upaya-upaya pengembangan pasar keuangan.

“Kebijakan tersebut diarahkan untuk menjaga volatilitas Rupiah serta kecukupan likuiditas di pasar sehingga tidak menimbulkan risiko terhadap stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” tutupnya.

Baca Juga:   Bos Mayapada Group Tukarkan Dollar ke Rupiah Senilai Lebih dari Rp 2 Triliun

One thought on “Nilai tukar Rupiah masih melemah di level 15.241 per USD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *