Pedagang Pasar Klewer siapkan konsep pasar digital

Rekanbola – Harus diakui, era digital saat ini telah membawa dampak dan perubahan besar dalam perdagangan dunia. Jika tidak bisa menyesuaikan diri, para pedagang, terutama di pasar tradisional akan jauh tertinggal. Bukan tidak mungkin transaksi jual beli konvensional akan tergerus habis di era digital.

Tak mau ikut tergeser oleh kemajuan teknologi, para pedagang Pasar Klewer mulai mengantisipasi, di antaranya dengan menyiapkan konsep pasar digital.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Klewer, Tafip Harjono menilai, konsep pasar digital di pasar batik terbesar itu mendesak dilakukan di era globalisasi ini. Hal tersebut penting dilakukan agar nilai transaksi di Pasar Klewer terus meningkat.

“Kita harus segera memanfaatkan pasar digital, biar pedagang di sini dagangannya laris,” ujar Harjono, Jumat (5/10).

Pemanfaatan pasar digital, menurut dia, memang tak lantas membuat Pasar Klewer menjadi penuh sesak antara pedagang dan pembeli. Namun hal tersebut penting dilakukan agar jualan para pedagang Pasar Klewer laku keras.

“Entah pedagang ke sini atau cukup beli via media sosial, yang penting laku,” katanya.

Menurut Tafip, konsep dari pasar digital yang ia maksudkan adalah, produk-produk yang dijual di Pasar Klewer perlu dijual via online. Pihaknya akan memanfaatkan sejumlah media sosial yang bisa digunakan untuk berjualan.

“Kita akan memanfaatan website khusus yang menjual barang-barang di Pasar Klewer Solo,” katanya lagi.

Tafip mengaku tidak gentar jika masuk ke dalam pasar online dan siap bersaing dengan gempuran barang-barang serupa yang dijual via online. Apalagi, para pedagang online saat ini banyak yang mengambil barang dari Pasar Klewer.

Baca Juga:   Idap sindrom nefrotik, bocah ini bikin video untuk Presiden Jokowi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *