Pemkab Labuhanbatu Utara Kerjasama dengan PWI Sumut Selenggarakan UKW

Rekanbola – Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dimaksudkan untuk meningkatkan profesionalitas jurnalis.

Sebanyak 21 jurnalis tercatat mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke XXIV yang dilaksanakan di Aek Kanopan, Sabtu (22/12/2018).

Para peserta berasal dari berbagai media cetak maupun media online dengan rincian, untuk tingkat muda sebanyak 21 peserta dan 6 orang mengikuti tingkat utama.

Bupati Khairuddin Syah Sitorus, dalam sambutan yang dibacakan Kepala Dinas Kominfo Labura menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Labuhan Batu Utara sangat berterima kasih kepada PWI Sumut yang melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ini.

“Pemerintah Kabupaten Labura berkeinginan, dengan dilaksanakan UKW Angkatan ke XXIV ini, semua wartawan khususnya yang bertugas di lingkup pemerintahan ini sudah berkompetensi dan tidak lagi menjadi wartawan yang abal-abal,” ucapnya.

Dengan memiliki sertifikasi uji kompetensi, wartawan tersebut sudah layak dan pantas melakukan konfirmasi dengan pejabat, khususnya yang ada di pemerintahan kabupaten ini.

“Dan tentunya, pemberitaan yang dilansir oleh yang sudah berkompetensi tidak lagi bersifat memojokkan ataupun menjustice,” imbuhnya lagi.

Sementara itu, Ketua PWI Sumut, H Hermansyah mengatakan, sesuai dengan anjuran dan ketentuan Dewan Pers, peserta UKW mulai tahun 2019 dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat muda, madya dan utama.

“Tidak dapat lagi dengan cara melompat dan untuk tingkat muda menuju ke tingkat madya harus menunggu selama 3 tahun. Untuk tingkat madya menuju tingkat utama menunggu 2 tahun kemudian, sejak wartawan tersebut dinyatakan lulus UKW,” terangnya.

UKW angkatan ke-XXIV di Labura diikuti oleh 21 peserta tingkat muda dan 6 peserta di tingkat utama. Sementara tim penguji berasal dari Medan maupun Jakarta.

Baca Juga:   Gagal ke Liverpool, Fekir Mengarah ke MU

“Diharapkan semua peserta UKW angkatan ke XXIV ini semuanya dapat dinyatakan lulus oleh dewan penguji,” harap Herman.

Hermansyah juga mengatakan hingga saat ini PWI Sumut telah dapat menghasilkan wartawan yang sudah berkompetensi sebanyak 709 orang dari berbagai tingkatan dan berbagai media yang ada di Sumatera Utara.

“Wartawan di Sumateraa Utara tercatat sebagai peserta yang sangat responsif terhadap penyelenggaraan UKW,” pungkasnya.