Peneliti Ungkap Orang Inggris Kuno Punya Kulit Gelap dan Mata Biru

Rekanbola.com – Peneliti dari Museum Sejarah Alam London mengungkapkan ciri-ciri wajah orang Inggris kuno. Leluhur orang Inggris diungkapkan memiliki kulit gelap dan mata biru.

Dilansir dari BBC dan Reuters, Kamis (8/2/2018), tim peneliti yang dipimpin Profesor Chris Stringer mengekstrak DNA dari ‘Cheddar Man’. Cheddar Man adalah sebutan untuk kerangka lengkap tertua di Inggris yang ditemukan tahun 1903.

Peneliti menggunakan analisis genom untuk rekonstruksi wajah. Warna kulit Cheddar Man digambarkan gelap kecoklatan, di mana kerangka tersebut dipamerkan di galeri evolusi manusia di Museum Sejarah Alam London.

Analisis genom dari Cheddar Man akan dipublikasikan dalam jurnal penelitian. Hasil penelitian juga akan dipublikasikan dalam film dokumenter.

“Jadi untuk bertatap muka dengan orang yang seperti ini, dan kombinasi mencolok antara rambut, wajah, warna mata dan kulit gelap itu, beberapa tahun yang lalu kita tidak dapat membayangkannya dan belum. Itulah data ilmiah yang ditampilkan,” jelas Profesor Stringer.

Mayat Cheddar Man telah ditemukan 115 tahun yang lalu di Gua Gough, terletak di Ngarai Cheddar, Somerset. Nama lokasi itulah yang dijadikan julukan terhadap kerangka tua tersebut.

 

Baca Juga :

9 Fakta Random yang Bakal Bikin Kita Mikir Sampe Bengong

 

Hasil gambar untuk MInion logo

Baca Juga:   Pertama Kali, Putri Cantik Shah Rukh Khan Akan Eksis di Cover Majalah Vogue