Pengantin Baru, Ini Persiapan Keuangan yang Harus Dilakukan Setelah Menikah

Rekanbola.com – Banyak orang mengatakan bahwa perjalanan hidup seseorang benar-benar baru dimulai setelah menikah. Jika dahulu segala prioritas bisa diputuskan secara pribadi, sekarang harus didiskusikan dengan pasangan.

Tidak terkecuali urusan keuangan atau finansial, Anda harus memutuskan langkah yang tepat dengan pasangan untuk kepentingan keluarga di masa depan. Berikut langkah finansial yang harus Anda dan pasangan siapkan pasca pernikahan.

Berbagi informasi soal keuangan masing-masing

Meskipun urusan keuangan merupakan informasi yang sensitif, Anda dan pasangan harus saling terbuka soal keuangan masing-masing. Hal yang perlu didiskusikan di antaranya total pendapatan, keputusan apakah keduanya bekerja atau tidak, kebutuhan rekening bersama, gaya hidup yang diikuti, apakah perlu menyisihkan uang untuk anggota keluarga yang memerlukan bantuan, hingga jika memiliki utang sebelum menikah.

Buka tabungan untuk pendidikan anak

Hal utama yang harus dilakukan adalah membuka tabungan untuk keperluan pendidikan anak. Sebab, biaya pendidikan tiap tahunnya akan semakin tinggi. Belum lagi jika Anda menginginkan anak mendapatkan sekolah terbaik yang tentunya akan membutuhkan biaya lebih mahal.

Untuk hal ini, Anda bisa memanfaatkan Maxi Saver, deposito berjangka dari Jenius yang bisa digunakan untuk simpanan jangka panjang, misalnya kebutuhan anak di masa depan. Selain itu, bunga hingga 5,75% per tahun yang bisa Anda dapat akan membuat uang yang disimpan di Maxi Saver tumbuh dengan lebih cepat.

Pilih lokasi rumah yang tepat

Meskipun Anda masih tinggal di apartemen atau kontrakan, pastinya menginginkan punya rumah sendiri. Pertimbangkan secara baik lokasi rumah untuk masa depan. Tak hanya dari lokasi, tapi Anda juga harus jeli soal lingkungan dan akses untuk kegiatan sehari-hari.

Baca Juga:   7 Chat drama driver ojek online & penumpangnya, kayak orang pacaran

Buat asuransi keluarga

Pertimbangkan juga perlindungan untuk seluruh anggota keluarga dalam bentuk asuransi. Jangan tergiur dengan iklan asuransi. Pastikan jenis perlindungan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh keluarga. Jangan lupa sesuaikan juga jenis asuransi yang dipilih dengan kemampuan finansial.

Jangan sepelekan dana darurat

Pengeluaran dadakan atau musibah bisa datang kapan saja tanpa diprediksi. Maka persiapkan dana darurat bersama pasangan sejak dini. Jadi tabungan keluarga untuk keperluan lain tidak akan terganggu. Menyiapkan dana darurat bisa dimulai dengan menyisihkan 10-20% dari pemasukan bulanan.

Anda juga bisa menyisihkan uang di Flexi Saver dari Jenius. Dengan fitur tabungan ini, Anda dan pasangan bisa menyetor uang kapan saja ketika punya simpanan lebih. Selain itu, Anda juga punya fleksibilitas menarik dana kapan pun untuk memenuhi keperluan mendadak.

Agendakan liburan bersama keluarga

Liburan menjadi kegiatan wajib agar Anda dan keluarga tidak merasa penat dengan aktivitas sehari-hari, mempererat hubungan, hingga mengenalkan anak pada hal-hal baru. Rencanakan liburan dari jauh hari agar lancar dan tidak mengganggu tabungan lainnya. Agar liburan bisa terwujud, Anda bisa memanfaatkan Dream Saver, fitur tabungan untuk tujuan spesifik dari Jenius yang secara otomatis akan mengkalkulasi dan menyetorkan uang Anda dan pasangan. Dengan begini, tabungan liburan Anda dan keluarga akan aman dari kemungkinan terpakai untuk hal lain.

Yuk, rencanakan finansial dengan lebih mudah bersama Jenius. Anda bisa mengatur segala urusan finansial di satu tempat, dari mana saja, dan kapan saja.

 

Baca Juga :

 

Baca Juga:   Lucu Banget! Si Kakak “Mengikatkan Rambut” Adik Perempuannya, Bikin Gemes Lihat “Caranya” yang Lain dari yang Lain!

Hasil gambar untuk MInion logo

ok sama2 boss 🙂