Pengguna Apple Watch Series 4 Keluhkan Reboot Terus-menerus

Rekanbola – Beberapa pengguna Apple Smartwatch Series 4 di Australia mengeluhkan bug yang membuat arloji pintar seri baru itu berungkali mengalami reboot. Perangkat hanya menampilkan antarmuka startup perangkat berulang kali, hingga menghabiskan daya. Belum ada diagnosis pasti peyebab masalah ini.

Tapi kemungkinan, penyebabnya adalah penyesuaian waktu musim panas (daylight saving time/DST) yang baru terjadi di Australia. Hal itu memengaruhi sebagian besar fitur “Activity complication” – berisi informasi mengenai waktu dari jam, menit, dan detik- pada tampilan Infograph Modular yang gagal menangani perubahan waktu secara sigap.

Akibatnya, keseluruhan sistem arloji pintar bingung, sehingga terjadi reboot yang berulang-ulang. Diketahui, DST adalah perubahan waktu dengan memundurkannya sebanyak satu jam pada penghujung musim panas. Sedangkan Activity complication pada tampilan Infograph Modular menampilkan grafis waktu setiap hari, memberikan data seperti Move calories, Excercise, dan Stand Hours dari jam ke jam berikutnya.

Data tersebut digunakan untuk membuat Activity Rings. Bisa Deteksi Ketika Pengguna Jatuh Disinyalir, sistem gagal menanggapi mundurnya waktusatu jam ini, di mana biasanya bekerja selama 24 jam. Dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Selasa (9/10/2018), beberapa pengguna berhasil mengatasi masalah ini dengan menghapus tampilan Infograph Modular, menggunakan aplikasi pendamping Watch iPhone.

Meski baterai terkuras, pengguna tidak disarankan untuk terus mengisi daya dalam keadaan reboot. Sebab hal itu akan memengaruhi “kesehatan” baterai. Hingga berita ini ditulis, Apple belum memberikan keterangan apa pun. Jika benar masalahnya terdapat pada deteksi zona waktu, arloji pintar ini kemungkinan akan kembali normal beberapa hari berikutnya untuk masa penyesuaian.

Namun untuk mencegah kejadian yang sama terulang, tidak ada salahnya Apple menyediakan pembaruan sistem operasi, untuk mengatasi masalah yang sama di negara lain. Di Eropa sendiri, DST akan terjadi pada hari Senin terakhir bulan Oktober. Sementara di Amerika Serikat, zona waktu akan berubah pada 4 November. Apple masih punya waktu untuk merilis pembaruan sebelum kedua tanggal tersebut datang.

Baca Juga:   Bandara Modern Gunakan Teknologi Scan Wajah dan Robot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *