Pengusaha Masih Ragu dengan Perizinan Online Terpadu

Rekanbola – Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengaku tak yakin tentang cara kerja dari sistem perizinan online atau online single submission (OSS). Mereka masih ragu atas kesiapan dari sistem tersebut.

Wakil Ketua Umum Apindo Shinta Kamdani mengatakan, pada dasarnya para pengusaha menilai bahwa OSS belum siap untuk langsung dijalankan. Menurutnya, OSS lebih baik dilaksanakan secara bertahap.

“Jadi prinsipnya kita ini sejak dicanangkan (OSS) ini masih proses, sebetulnya kami sudah mengingatkan apa bisa langsung jalan? Apa nggak sebaiknya ada penahapan? Cuma kan pemerintah memaksakan ini harus (jalan),” katanya di Apindo, Jakarta, Kamis (30/7/2018).

Selain itu, ia juga menilai ketidaksiapan sistem tersebut dari integrasi antara kementerian dan lembaga (K/L) di pemerintahan pusat dan daerah. Dia melihat bahwa koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah belum cukup kuat.

“Kami melihat ini market susah ya benar-benar eksekusi diharapkan, karena masih banyak kementerian yang belum terintegrasi, belum online. Jadi terintegrasi sama sistem OSS-nya, apalagi daerah. Jadi jangan omongin daerah, yang pusat saja masih belum terpenuhi,” imbuhnya.

Padahal, kata Shinta, pengusaha membutuhkan proses yang mudah dan cepat, hanya menggunakan perangkat elektronik. Namun malah terkendala dengan adanya sistem OSS yang dinilai belum siap tersebut.

“Iya jadi pengusaha panik bagaimana nih kalau nggak bisa ngurusin izin? Nah tapi kan saya bilang kasih lah kesempatan, karena kan pemerintah baru mengurusi izin, dikelarin butuh waktu,

harusnya OSS itu dari kantong sendiri itu nggak perlu lagi kemana-mana tapi kenyatannya ngerjain sendiri itu susah, jadi mereka masih ramai-ramai ke kantor Menko (Perekonomian) untuk difasilitasi,” tutupnya.

Baca Juga:   Duo City dan MU Dicoret dari Timnas Inggris

 

( Sumber : detik.com )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *