Pentingnya Cek Komponen Mobil Ini, Sebelum Tempuh Perjalanan Jauh

REKANBOLA – Kendaraan roda empat atau mobil masih dipilih masyarakat untuk menempuh perjalanan jauh. Namun baiknya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, pemilik mobil dirasa perlu mengecek komponen penting pada bagian mobil.

Hendra Susanto, pemilik bengkel Korea Timorer Motor di Ciputat, Tangerang mengatakan setidaknya ada empat hal yang patut dijadikan perhatian. ” Untuk menempuh perjalanan jauh kita periksa kondisi oli mesin, rem, kopling, kondisi ban dan lampu-lampu,” wanti Hendra Susanto.

“Oli mesin usahakan ganti per 5.000 kilometer, dan oli filter untuk 10 ribu kilometer,” sambung pria lulusan teknik mesin ini.

Hendra mengingatkan juga untuk jangan lupa untuk mengecek kelistrikan pada mobil seperti lampu depan, belakang, rem dan lampu kabin. Cek juga kondisi voltase aki mobil.

Tak kalah penting adalah mengecek kondisi ban. Hendra mengungkapkan ban yang kurang angin bisa merusak ban dan pelek mobil, hal itu terjadi karena tekanan angin yang kurang muatan yang berlebih.

“Kalau ban pada mobil yang seri tinggi, mereka sudah ada monitoring system, jadi kalau ban itu kurang angin lampu indikator akan menyala,” kata Hendra.

“Normalnya itu 2.3 sampai 2.5 bar,” sambung Hendra.

Lebih lanjut, salah satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah mengecek kondisi kopling mobil. Apabila mengalami masalah, Hendra menjelaskan sebenarnya bisa terasa saat pengemudi berkendara.

“Kopling sudah tidak terasa enak itu pertama angkatan pedal koplingnya tinggi, respons mobil tidak langsung jalan meski sudah diangkat tinggi, kemungkinan plat kopling mulai tipis,” ungkap Hendra.

“Kemudian pada saat diangkat pedal kopling mobil tidak bergetar, dan itu biasanya matahari sudah mulai kena,” sambungnya.

Baca Juga:   Bahaya Pakai Helm Tanpa Ikat Tali Dagu