Penyebar Hoax Surat Suara Sudah Dicoblos 01 di Sumut Diciduk Polisi!

REKANBOLA – Polisi menangkap pelaku penyebaran hoax surat suara di Sumatera Utara (Sumut). yang sudah tercoblos di nomor 01. Pelaku berinisial UR itu ditangkap di wilayah Jawa Barat (Jabar).

Rabu (20/3/2019), Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, membenarkan penangkapan terhadap pelaku hoax tersebut. UR merupakan warga daerah Jabar.

“Akun yang digunakan tersangka untuk menyebar video hoax tersebut adalah akun palsu.selama ini akunnya selalu berubah-ubah,” ujar Nainggolan.

Ia mengemukakan, penangkapan itu dilakukan setelah petugas melakukan penyelidikan dan menelusuri pertemanan di akun Facebook penyebar hoax itu. Dari pertemanan itu ditelusuri, kemudian dijebak dan tersangka berhasil diringkus.

“Jadi menangkap tersangka yang kasusnya seperti itu, tidak mudah,” ucap dia.

Nainggolan menyebutkan, saat ini tersangka UR telah berada di Polda Sumut, dan dilakukan penahanan. Penyidik masih melakukan pemeriksaan intensif untuk mengetahui motif tersangka menyebarkan video hoax yang menuding KPU Sumut berbuat curang.

“Kalau motifnya masih diselidiki Polda Sumut,” kata dia.

Sebelumnya, KPU Sumut dan Medan melaporkan video hoax surat suara 01 sudah tercoblos ke Mapolda Sumut, pada Minggu (3/3). Laporan tersebut dibuat karena video itu dianggap dapat memprovokasi dan menjelekkan nama baik KPU sebagai penyelenggara Pemilu.

Video hoax tersebut diketahui diposting oleh akun Facebook atas nama Muhammad Adrian dan Kusmana. Dalam postingannya, Adrian menambahi keterangan yang bernada provokatif.

“Memang keparat KPU Sumut, surat suara sudah tercoblos 01 semua,” bunyi postingan pelaku.

Baca Juga:   PAN: Nama Gatot Nurmantyo Ikut Dipertimbangkan di Internal Partai