Perawatan yang Perlu Dilakukan pada Kulit yang Kendur Setelah Berat Badan Turun

REKANBOLA – Banyak perempuan menjalankan beragam program diet untuk menurunkan dan mendapatkan berat badan yang ideal. Namun, setelah berat badan berhasil turun biasanya ada satu masalah yang kerap dihadapi para perempuan yakni kulit yang kendur. Kulit memiliki sifat yang elastis karena terbentuk dari susunan protein serta kolagen yang berfungsi untuk mengencang seakligus menyesuaikan dengan kondisi tubuh, contohnya adalah kulit yang melar terjadi saat kehamilan.

Nah, hal yang sama juga terjadi saat berat badan menurun dengan jangka waktu yang cukup cepat karena diet, dan biasanya kulit tidak bisa langsung kembali kencang dan tampak mengendur. Kondisi seperti ini seringkali membuat siapa saja yang mengalaminya menjadi tidak percaya diri. Bila mengalami hal yang sama, perlu melakukan perawatan yang tepat pada kulit yang kendur setelah diet dan mengalami penurunan berat badan, seperti berbagai hal berikut.

Menjaga pola makan

Hal utama yang perlu diperhatikan ketika harus menjalani program diet adalah menjaga pola makan. Apapun jenis dietnya pasti ada beberapa aturan makan yang harus dipatuhi supaya diet berhasil dan berat badan yang ideal juga bisa didapatkan. Sebaiknya kurangi makanan atau minuman yang mengandung gula, dan perbanyak konsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen, serta mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C untuk menjaga elastisitas dan kesehatan kulit. Tak hanya itu saja, kamu juga perlu memastikan untuk meminum 8 gelas air setiap harinya. Karena menurut penelitian yang dilakukan oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health, asupan air putih yang cukup dapat membantu kulit terhidrasi dengan baik serta meningkatkan elastisitas kulit.

Latihan untuk memperkuat otot

Baca Juga:   Manis Cantik dan Dikaruniai Wajah Dan Tubuh yang Seksi

Saat menjalani program diet, banyak orang sering mengabaikan untuk menyeimbangkan dengan olahraga yang cukup dan hanya fokus menurunkan berat badan dengan mengurangi porsi makan saja. Padahal ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan olahraga saat menjalani diet. Selain menjaga tubuh agar tetap fit, olahraga dan latihan otot bisa mengurangi efek kulit kendur yang disebabkan karena menurunnya berat badan saat diet. Menurut dokter kulit Stanley Kovak, MD, dari Kovak Dermatology and Laser Institute latihan otot bisa membantu meningkatkan elastisitas serta mengencangkan kulit khususnya di area-area yang kendur karena turunnya berat badan.

Gunakan skin care yang tepat untuk membantu mengatasi kulit kendur

Kondisi kulit yang kendur karena turunnya berat badan yang drastis disebabkan menurunnya jumlah kolagen di dalam kulit yang membuat kulit menjadi tidak kencang. Masalah tersebut bisa diatasi dengan memilih produk perawatan kulit yang tepat. kamu bisa menggunakan skin care dengan beberapa kandungan yang dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk memproduksi lebih banyak kolagen, seperti retinol, peptides, vitamin C, antioksidan, serta glycolic acid. Tak lupa juga untuk selalu gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat membuat kulit menjadi mudah kendur dan kehilangan elastisitasnya.

Mengonsumsi suplemen

Untuk meningkatkan jumlah kolagen agar kondisi kulit kendur dapat diatasi, kamu bisa rutin mengonsumsi suplemen vitamin. Cara ini dinilai cukup ampuh dan praktis, khususnya bagi kamu yang dihadapkan dengan segudang aktivitas dan tidak bisa mencukupi kebutuhan vitamin dan protein dengan mengkamulkan makanan yang dikonsumsi. Sahabat Fimela bisa mengonsumsi suplemen kolagen yang akan membantu meningkatkan jumlah kolagen di dalam tubuh. Selain itu kamu juga bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan yang juga dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Namun, harus memerhatikan aturan minum serta efek samping yang bisa ditimbulkan berdasarkan jenis suplemen yang dikonsumsi. Supaya lebih aman, bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada ahlinya.

Baca Juga:   9 Gaya Delilah Fidya, gadis imut nan seksi yang dijuluki Ratu Tik Tok

Hindari kebiasaan yang menjadi penyebab kulit kendur

Ketika mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis apalagi dalam waktu yang sangat cepat, kulit yang tampak kendur bisa menjadi masalah baru bagi kamu. Selain merawat kulit dengan skin care yang tepat, menjaga pola makan, rutin melakukan olahraga serta mengonsumsi suplemen, juga harus menghindari beberapa kebiasaan yang bisa meningkatkan kemungkinan kulit menjadi kendur seperti merokok, terlalu sering meminum minuman beralkohol serta begadang.