Pertahanan Kuat, Liverpool Semakin Tenang

Rekanbola – Liverpool berhasil memulai Premier League 2018/19 dengan baik. The Reds meraih empat kemenangan di empat laga awal musim ini dan hanya kebobolan satu kali. Torehan ini akan berusaha dipertahankan Liverpool saat melawat ke markas Tottenham Hotspur akhir pekan ini.

Meski tampak normal, catatan tersebut sebenarnya tidak datang dengan mudah. Trio penyerang Liverpool, Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino sebenarnya belum mencapai permainan terbaiknya. Kemenangan Liverpool banyak terbantu dengan kontribusi para pemain bertahan.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp sepertinya berhasil menemukan kombinasi empat bek terbaik. Andrew Robertson, Virgil van Dijk, Joe Gomez dan Trent-Alexander Arnold tampil percaya diri dan bergerak sebagai satu unit.

Mantan pemain Liverpool, Phil Thompson menilai pertahanan Liverpool telah menghadirkan ketenangan bagi skuat Liverpool. Baca penjelasan selengkapnya di bawah ini:

 

Pertahanan Gemilang

Thompson menilai Liverpool berhasil memulai musim dengan sangat baik. Empat kemenangan penting di awal musim. Meski trio penyerang Liverpool belum menyuguhkan permainan terbaik mereka, namun para pemain bertahan sanggup menutupi kekurangan itu.

“Mereka (Liverpoool) sudah menjalani awal musim yang sangat baik, mereka tampil sangat baik melawan West Ham. Mereka tampil baik melawan Crystal Palace dan menghadapi Brighton dan Leicester,” buka Thompson di skysports.

“Mereka akan jadi ancaman besar tahun ini tetapi sebenarnya tiga pemain depan mereka belum benar-benar tampil apik. Jadi kenapa Liverpool tampil sangat baik?”

“Saya sungguh berpikir pertahanan mereka luar biasa,” lanjutnya.

 

Ketenangan

Menurut Thompson, kokohnya pertahanan Liverpool berdampak langsung pada permainan trio penyerang. Saat ini, Salah-Mane-Firmino bisa bermain lebih tenang karena memahami bahwa pertahanan mereka tak mudah dibobol lawan.

Baca Juga:   Hasil Liga Italia

“Itulah keuntungannya. Mungkin tiga penyerang depan berpikir: ‘sekarang kita baik-baik saja, kita tak harus mencetak tiga atau empat gol di babak pertama. Kita bisa mengandalkan empat bek dan kiper ini untuk menyelamatkan kami beberapa kali’.”

Pernyataan Thompson sebenarnya tak terlalu berlebihan. Keberadaan Alisson Becker di bawah mistar gawang Liverpool memang terbukti sulit ditembut, duet Van Dijk dan Joe Gomez juga tampak menjanjikan.