Pertumbuhan ekonomi RI masih didominasi Pulau Jawa dan Sumatera

Rekanbola.com –  Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2017 sebesar 5,07 persen. Angka tersebut sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan pencatatan pertumbuhan ekonomi di 2016 yang mencapai 5,03 persen.

Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan, berdasarkan wilayah penyumbang pertumbuhan ekonomi, Jawa dan Sumatera masih mendominasi pada tahun 2017. Masing-masing keduanya memberi kontribusi sebesar 58,49 persen dan 21,66 persen.

“Ekonomi Indonesia secara spasial, komposisinya tidak banyak berubah bahwa dominasi dari Jawa tetap 58,49 persen, kemudian Sumatera 21,66 persen, lalu Kalimantan 8,20 persen,” ujarnya di Gedung BPS, Jakarta, Senin (5/2).

Sementara itu, Sulawesi menjadi pulau yang memiliki laju pertumbuhan tercepat. Sedangkan Bali dan Nusa tenggara mencatat laju pertumbuhan terendah sepanjang tahun 2017. “Pertumbuhan ekonomi tertinggi menurut pulau itu terjadi di Pulau Sulawesi sebesar 6,99 persen. Dan paling rendah terjadi di Bali dan Nusa Tenggara sebesar 3,73 persen,” jelasnya.

Namun demikian, secara keseluruhan pertumbuhan ekonomi di seluruh provinsi mengalami perbaikan pada 2017. Hal ini harus terus ditingkatkan agar memberi dampak terhadap pertumbuhan ekonomi secara nasional. “Kalau untuk data per provinsi, pertumbuhan ekonomi per provinsi pada tahun 2017 seluruhnya positif,” tandasnya.

 

Baca Juga :

 

Hasil gambar untuk MInion logo

 

Baca Juga:   Napi Diseret di Nusakambangan, Komnas HAM Minta Sistem Lapas Dievaluasi