Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II 2018 Diprediksi Capai 5,2 Persen

Rekanbola – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada triwulan II 2018 bisa mendekati 5,2 persen. Pertumbuhan itu diproyeksikan lebih baik dari triwulan I yang tercatat senilai 5,06 persen.

“Kita harapkan bisa mendekati 5,2 persen di triwulan dua,” ujar Sri Mulyani seperti dikutip dari Antaranews.com, Senin (25/6/2018).

Sri Mulyani menjelaskan, pertumbuhan ekonomi di triwulan II itu didukung oleh konsumsi rumah tangga, investasi, belanja pemerintah maupun ekspor.

Konsumsi Lebaran Konsumsi rumah tangga, menurut dia, akan terbantu oleh peningkatan aktivitas belanja masyarakat yang meningkat pada periode puasa maupun hari raya Idul Fitri.

“Konsumsi rumah tangga ini bisa tumbuh lebih tinggi dari triwulan I yang tercatat 4,95 persen, jadi tumbuh di atas lima persen,” kata Sri Mulyani.

Selain itu, menurut dia, kinerja investasi juga diproyeksikan tumbuh positif seiring dengan peningkatan impor bahan baku maupun bahan modal.

” Investasi bisa tumbuh lebih tinggi dari triwulan I. Kita harapkan investasi bisa lebih tinggi di atas delapan persen,” ujar mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu. Ekspor tumbuh Pertumbuhan ekonomi nasional.

lanjut Sri Mulyani, juga didukung oleh kinerja ekspor yang menunjukkan tanda-tanda perbaikan serta penyerapan belanja pemerintah yang tumbuh positif hingga akhir Mei 2018.

Dia menambahkan, membaiknya kinerja perekonomian ini juga didukung dari tumbuhnya penerimaan pajak dari berbagai sektor ekonomi, antara lain pengolahan, perdagangan, pertambangan, konstruksi dan real estate, transportasi gudang dan pertanian.

 

 

(Sumber : ekonomi.kompas)

Baca Juga:   4 Jurus Kerja Produktif ala Miliarder Pendiri Tesla