Piala Dunia 2018: Persaingan Grup B Menuju Babak 16 Besar

REKANBOLA – Persaingan Grup B Piala Dunia 2018 menuju babak 16 besar masih sengit. Spanyol, Portugal, dan Iran masih sama-sama memiliki peluang lolos ke babak berikutnya.

Saat ini, La Furia Roja menempati puncak klasemen sementara dengan mengoleksi empat poin. Skuat Fernando Hierro berhak menempati posisi tersebut setelah imbang 3-3 kontra Portugal dan menang 1-0 atas Iran.

Hasil positif atas Iran membuat Spanyol percaya diri melakoni laga penentuan kontra Maroko di Kaliningrad Stadium, Senin (25/6/2018). Apalagi, Maroko sudah tersingkir pasca menelan kekalahan dari Portugal.

Sergio Ramos dan kawan-kawan hanya perlu fokus ke pertandingan melawan Maroko untuk melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Kemenangan atas wakil Afrika itu akan otomatis menggaransi satu tiket ke fase knock-out.

Namun, situasinya akan berbeda 180 derajat apabila Spanyol justru takluk dari Maroko. Hasil negatif itu itu membuat peluang Spanyol untuk lolos akan bergantung hasil laga Iran melawan Portugal.

 

Baca Juga :

 

Portugal Pantang Kalah

Situasi yang hampir sama dihadapi oleh Portugal jelang laga kontra Iran di Mordovia Arena, Saransk, Selasa (26/6/2018) dini hari WIB. Selecao das Quinas hanya perlu hasil imbang untuk mendampingi Spanyol ke babak berikutnya.

Namun, rencana itu tidak akan mudah diwujudkan juara Piala Eropa 2014 tersebut. Apalagi setelah performa tidak meyakinkan yang ditunjukkan Portugal saat menang tipis 1-0 atas Maroko.

Portugal lebih banyak ditekan oleh Maroko sepanjang pertandingan. Situasi ini bakal berbahaya karena Iran punya potensi untuk mengejutkan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan.

Baca Juga:   Hendra/Ahsan dan Nitya Dicoret dari Daftar Pelatnas PBSI

Portugal dan Spanyol saat ini hanya unggul satu poin dari Iran yang menempati peringkat ketiga klasemen sementara Grup B. Artinya, kemenangan atas Portugal akan otomatis menggaransi satu tempat bagi Carlos Quiroz di babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Peluang Team Melli membuat kejutan terbuka walau secara kualitas Portugal berada di atas mereka. Hal ini berkaca kemenangan 1-0 atas Maroko dan performa apik yang ditunjukkan Iran saat takluk 0-1 dari Spanyol.

 

Skenario Persaingan

– Spanyol akan bersua Maroko dan Portugal bertemu Iran pada matchday ketiga Grup B. Spanyol dan Portugal lolos jika tidak kalah di laga terakhir.

– Iran bisa lolos ke babak 16 besar jika menang atau imbang dengan Portugal dan pada saat yang bersamaan Spanyol kalah dengan margin lebih dari satu gol saat meladeni Maroko. Dengan begitu Iran akan lolos bersama Portugal.

Sementara beberapa tim yang sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 di grup lainnya di antaranya: Rusia, Uruguay, Prancis, Kroasia, Meksiko, Inggris.

 

 

(Sumber : BOLA.NET)