Polisi tangkap tangan 2 pegawai dishub pungli di terminal angkut barang

Rekanbola.com – Polres Solok Kota, Sumatera Barat, melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap dua pegawai yang bekerja di Dinas Perhubungan Solok Kota, terkait Pungutan Liar (Pungli). Kedua tersangka tersebut bernama Jufri (20) dan Irsal (50).

Kapolres Solok Kota, AKBP Donny Setiawan mengatakan bahwa Pungli tersebut dilakukan di Tempat Penarikan Retribusi (TPR) terminal angkutan barang. Penggerebekan itu sendiri juga dilakukan sekitar pukul 04.00 Wib, pada Rabu (31/1) kemarin.

“Dari penangkapan ditemukan uang tunai sebanyak Rp 3.697.000 merupakan hasil pungli dari tanggal 30 hingga 31 Januari,” kata Donny melalui keterangan tertulis,Jakarta, Kamis (1/2).

Saat melakukan OTT, pihaknya telah menemukan blanko setoran ke bendahara sebesar Rp 2.700.000 dan juga empat bundel sisa bukti pembayaran. Dalam kasus ini sendiri juga pihaknya telah memeriksa empat orang sebagai saksi yang juga merupakan pembayar retribusi.

Untuk penangkapan ini sendiri, lanjut Donny, juga karena adanya laporan dari masyarakat yang menyampaikan bahwa kedua pelaku sering kali mengambil retribusi tanpa memberikan karcis.

“Sedangkan yang pakai karcis sebesar Rp 2.700.000 itu diserahkan ke bendahara, sisanya ada sekitar Rp 997.000 dipakai untuk makan dan dibagi dua,” jelasnya.

Dalam setiap harinya, kedua pelaku ini rata-rata meraup keuntungan hingga mencapai Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta. Sampai saat ini, kedua pelaku masih menjalani pemeriksaan di Polres Solok, Sumatera Barat.

“Berarti dalam sebulan bisa Rp 30 juta, dan setahun bisa mencapai Rp 360 juta.”

Atas perbuatannya, kedua pelaku tersebut dikenakan Pasal 8 UU RI Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dengan ancaman penjara 15 tahun dan denda Rp 750 juta.

Baca Juga:   Kim Jong-un Undang Trump Datang ke Korea Utara

 

Baca Juga :

Hasil gambar untuk MInion logo