Presiden Jokowi Sebut Riau Paling Untung Saat Trans Sumatera Rampung

Rekanbola – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut Provinsi Riau paling diuntungkan jika pembangunan Tol Trans Sumatera rampung. Tol Trans Sumatera direncanakan selesai pada 2024.

“Malam-malam saya hitung-hitung, ini yang dapat keuntungan yang paling banyak adalah siapa? Ternyata adalah Provinsi Riau,” kata Presiden Jokowi di Balai Lembaga adat Melayu Riau, Sabtu (15/12).

Dia menjelaskan, Provinsi Riau berada di posisi paling strategis karena nantinya memiliki feeder jalan tol cabang ke Padang, Dumai, dan Sumatera Utara. “Pak Gubernur juga sudah tahu tadi malam sudah menyampaikan pada saya, ‘Pak ini kita yang paling diuntungkan karena ini-ini’. Saya sampaikan saya sudah tahu,” ujar dia.

Presiden Jokowi berjanji akan mengawasi pembangunan Tol Trans Sumatera hingga selesai. Tahun depan, diperkirakan ada 5 ruas tol Trans Sumatera yang selesai dengan total panjang 479 kilometer (Km).

Berdasarkan data PT Hutama Karya, penggarap Tol Trans Sumatera ruas-ruas tersebut di antaranya Medan-Binjai, Palembang-Indralaya, Bakauheni-Terbanggi Besar, Pekanbaru-Dumai, dan Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

Tol Palembang-Indralaya sepanjang 22 Km diperkirakan yang paling awal beroperasi penuh. Kemudian tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 Km.

Tol Medan-Binjai baru akan beroperasi penuh pada tahun 2019. Tol ini memiliki panjang total 17 Km. Sedangkan Tol Pekanbaru-Dumai direncanakan beroperasi penuh atau sebagian sepanjang 115 Km sampai akhir 2019.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku Tol Trans Sumatera merupakan salah satu proyek kebanggaannya. Bahkan dia menginginkan Tol Sumatera tak hanya diketahui di dalam negeri, tetapi juga diketahui di luar negeri. “Saya terus ingin menunjukkan tol Trans Sumatera ini tidak hanya ke dalam negeri, tapi juga ke luar negeri,” ucap presiden.

Baca Juga:   Perpres Pengatur Produk Minyak Sawit Berkelanjutan Rampung Mei 2018